Salah Satu Kampus Favorit, Berikut Rincian Biaya Kuliah di ITB Jalur Mandiri Tahun 2023

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 27 Maret 2023 | 16:30 WIB
Biaya kuliah di ITB jalur mandiri 2023 (https://admission.itb.ac.id)

Nakita.id - Berikut rincian biaya kuliah di ITB jalur mandiri tahun 2023.

Jalur Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) memberi kesempatan lebih luas bagi siswa lulusan SMA baik WNI maupun WNA untuk mengikuti pendidikan program sarjana di Institut Teknologi Bandung.

Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) diprogramkan sebagai jalur penerimaan mahasiswa program sarjana yang akan berjalan tanpa subsidi biaya. Mahasiswa yang diterima di ITB melalui program Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) bertanggung jawab untuk membiayai secara penuh pendidikan program sarjananya di ITB.

ITB tidak memberikan subsidi biaya pendidikan bagi mahasiswa yang diterima melalui program Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). Namun demikian, proses penerimaan SM-ITB tetap menggunakan kriteria kemampuan akademik yang tinggi sebagai satu-satunya kriteria kelulusan seleksi.

Khusus bagi calon peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) yang merupakan pemilik Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) serta calon peserta yang berasal dari SMA/MA di wilayah 3T, ITB membebaskan biaya pendaftaran Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dan biaya pendidikan di ITB.

Tata cara pendaftaran calon peserta SM-ITB yang merupakan pemilik KIP-K serta calon peserta yang berasal dari SMA/MA di wilayah 3T dapat diperoleh di bagian lain dari halaman ini. Proses penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dilaksanakan dengan menggunakan komponen penilaian sebagai berikut:

- Hasil Ujian Seleksi (daring), Nilai UTBK, Nilai Rapor dan Hasil Tes Keterampilan Seni Rupa (daring), bagi pendaftar ke FSRD.

- Ujian Seleksi dan Tes Keterampilan Seni Rupa akan diselenggarakan ITB secara Daring.

Pada pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) peserta dapat memilih seluruh Fakultas/Sekolah yang ada di ITB, kecuali Fakultas/Sekolah yang berlokasi di ITB Kampus Cirebon. Calon mahasiswa dapat memilih paling banyak 3 pilihan Fakultas/Sekolah yang diminati.

Namun demikian, terdapat 18 program studi yang dapat dipilih secara langsung oleh peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) melalui program SM-Peminatan, yaitu:

- Fisika (FMIPA-IPA)

Baca Juga: Biaya Kuliah Universitas Bakrie Tahun 2023-2024, Mulai dari Uang Pangkal Sampai SPP