Biaya Kuliah ITS Jalur SNBP Tahun Ajaran 2023, Siapkan Dananya dari Sekarang!

By Aullia Rachma Puteri, Jumat, 14 April 2023 | 09:22 WIB
Biaya kuliah ITS jalur SNBT (https://www.its.ac.id/id/beranda/)

Nakita.id - Berikut ini rincian biaya kuliah ITS yang lolos jalur SNBT.

Tentu sudah banyak yang tahu kalau SBMPTN sudah berganti nama menjadi SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes). Jalur daftarnya sama, anak Moms tinggal pilih jurusan dan kampus negeri yang dikehendaki, lalu mengikuti tes seleksi.

Jika lolos, berarti anak Moms sudah langsung bisa berkuliah di kampus impiannya.

Nah, yang mulai dipikirkan sekarang adalah biaya kuliahnya. Ini yang harus orangtua pikirkan. Simak selengkapnya soal rincian biaya kuliah ITS jalur SNBT di sini.

Biaya Kuliah ITS Jalur SNBT

ITS Surabaya merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Jawa Timur. Setiap penerimaan mahasiswa baru, ribuan siswa berlomba agar bisa diterima di kampus ini.

Dalam pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 ini siswa yang lolos jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 maupun jalur Mandiri 2023 perlu memperhatikan besaran biaya kuliah yang wajib dibayarkan.

Melansir dari laman ITS, biaya pendidikan mahasiswa baru yang diterima melalui SNBP menggunakan satu komponen biaya, yaitu Uang Kuliah Tunggal (UKT).

UKT di ITS dibagi dalam 7 kategori yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orangtua mahasiswa dan dibayarkan tiap semester. Indeks kemampuan ekonomi orangtua ditentukan pada saat daftar ulang.

UKT diberlakukan untuk semua calon mahasiswa yang diterima di berbagai program studi melalui SNBT kecuali Program Studi Joint Degree.

1. Kategori 1: Rp500.000

2. Kategori 2: Rp1 juta

Baca Juga: Rincian Biaya Kuliah UPN Veteran Jakarta Tahun 2023-2024, Simak!