Langsung Praktek! Ini Cara Membuat Daftar Isi pada Skripsi Menggunakan Microsoft Word

By Kirana Riyantika, Jumat, 21 April 2023 | 16:00 WIB
Cara membuat daftar isi pada skripsi (Pixabay/Picjumbo_com)

Nakita.id - Skripsi merupakan tugas akhir yang harus dikerjakan mahasiswa untuk bisa lulus mendapatkan gelar sarjana.

Ada beberapa bagian dari skripsi diantaranya:

1. Halaman Sampul: berisi informasi mengenai judul skripsi, nama penulis, nama universitas, fakultas, jurusan, dan tahun penulisan.

2. Halaman Pengesahan: berisi informasi mengenai tanggal dan tempat penulisan, nama penulis, judul skripsi, nama pembimbing, serta stempel dan tanda tangan dari pembimbing dan pihak universitas yang mengesahkan skripsi tersebut.

3. Abstrak: berisi ringkasan singkat dari seluruh isi skripsi. Abstrak harus memuat tujuan, metode penelitian, hasil, dan kesimpulan yang diambil dalam skripsi.

4. Kata Pengantar: berisi ucapan terima kasih, penghargaan, serta penjelasan mengenai tujuan dan maksud penulisan skripsi.

5. Daftar Isi: berisi daftar bab dan subbab serta halaman tempat informasi tersebut ditemukan.

6. Pendahuluan: berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan skripsi.

7. Tinjauan Pustaka atau Review Literatur: berisi literatur terkait yang digunakan dalam penelitian skripsi, baik itu jurnal, buku, maupun artikel terkait.

8. Metodologi Penelitian: berisi penjelasan tentang metode penelitian yang digunakan dalam skripsi, seperti jenis penelitian, teknik pengumpulan data, prosedur pengolahan data, dan analisis data.

9. Hasil Penelitian: berisi temuan-temuan dari penelitian yang dilakukan.

Baca Juga: Pengertian Metode Penelitian Kualitatif dan Langkah-langkah Penelitian Kualitatif, Peneliti yang Lagi Mengerjakan Skripsi atau Tesis Wajib Tahu!