Ini Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

By Gisela Niken, Senin, 21 Maret 2016 | 04:35 WIB
Ini Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Bayi di usia 6 bulan terus tumbuh dalam berbagai hal seperti keterampilan fisik hingga kemampuan mereka berinteraksi dengan dunia luar. Perkembangan bayi usia 6 bulan  juga ditandai dengan dimulainya memperkenalkan MPASI atau makanan pendamping ASI. Berikut perkembangan yang seharusnya dialami oleh bayi yang berusia 6 bulan.

Di usia 6 bulan, bayi memiliki kemungkinan bertumbuh dua kali lipat. Dibandingkan bulan sebelumnya, berat badannya bisa bertambah hingga setengah kilogram. Selain itu, si kecil akan semakin bertambah panjang 1 hingga 2 cm. Namun, banyak orangtua yang khawatir dengan pertumbuhan bayinya. Apakah terlalu besar? Ataukah bayinya terlalu kecil?Baca juga: Di usia 6 bulan bayi mulai takut dengan orang asing! 

Mama dan Papa tak perlu terlalu khawatir. Banyak hal yang perlu diingat mengenai perkembangan salah satunya ialah faktor penentu perkembangan fisik seseorang. Beberapa faktornya ialah perkembangan fisik dipengaruhi oleh gen orangtua, jumlah dan kualitas ASI, fungsi hormon serta kesehatan secara keseluruhan. Pastikan Mama diskusikan faktor-faktor tersebut pada dokter agar mengetahui penyebab perkembangan bayi yang tidak normal.

Di usia ini, bayi juga mulai mendorong badannya untuk mengangkat kepalanya. Kekuatan tangan, dada dan punggungnya mulai terbentuk di usia ini. Otot dan tulang yang semakin terbentuk juga membuat bayi mulai belajar duduk. Meski dengan bantuan, bayi akan belajar duduk secara bertahap. Di usia ini pula, anak senang berguling ke berbagai arah. Maka dari itu, jangan biarkan bayi tidak di dalam pengawasan.Baca juga: Yuk cari tahu persiapan yang perlu Mama lakukan jika mengajak berpergian bayi usia 0-6 bulan 

Bayi juga semakin menggunakan tangannya untuk menggapai apa yang ada di depan mereka. Tidak hanya mampu memegang objek, ia juga sudah mampu memindahkan objek tersebut dari tangan satu ke tangan yang lain. Respons dari bayi juga sudah semakin baik. Oleh karena itu, Mama perlu memberikan mainan dengan suara dan tekstur untuk membantunya menimbulkan reaksi. Namun, pilihlah mainan yang aman sesuai usianya agar menghindari cidera atau tersedak mengingat bayi senang memasukkan apa saja ke dalam mulut.Baca juga: Ini alasan mengapa MPASI diberikan setelah usia 6 bulan

Perkembangan bayi 6 bulan  menunjukkan bayi mulai siap bertumbuh. Pastikan Mama selalu mengawasinya karena badannya yang sudah mampu bergerak dengan bebas dapat berisiko berpindah tempat. Memperkenalkan MPASI juga jadi proses penting ketika berada di usia 6 bulan. (Niken/Kids Health)