Amankah Antibiotik untuk Ibu Menyusui?

By Gisela Niken, Senin, 21 Maret 2016 | 03:30 WIB
Amankah Antibiotik untuk Ibu Menyusui? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Antibiotik menjadi obat yang kita kenal sebagai obat khusus yang diformulasikan untuk melawan penyakit. Obat yang diresepkan dari dokter ini memang sangat ampuh untuk meredakan sakit ataupun nyeri akibat penyakit tertentu. Meskipun ampuh, mungkin beberapa orang menanyakan efek samping dari obat ini terutama untuk ibu yang sedang menyusui. Mama perlu mengetahui tingkat keamanan dari antibiotik untuk ibu menyusui.

Antibiotik yang tidak tepat dosis memberikan dampak bagi si kecil. Beberapa dampak yang bisa terjadi akibat antibiotik antara lain anak jadi lebih tempramen. Hal tersebut karena ASI yang diproduksi punya kualitas yang berbeda. Tak hanya karena antibiotik, Mama yang sedang sakit juga memproduksi ASI dengan kualitas berbeda. Mama perlu menyiapkan diri jika si kecil jadi mudah rewel.Baca juga: Ternyata, Mama masih boleh menyusui ketika sakit!  

Selain itu, antibiotik juga berpotensi membuat anak sakit perut. Kandungan ASI yang berbeda itu membuat sistem pencernaannya kaget. Konsumsi antibiotik yang tidak tepat juga mengganggu proses pertumbuhan gigi pada anak. Antibiotik juga berdampak pada puting. Minum antibiotik dapat menimbulkan jamur di sekitar puting. Hal tersebut akan memicu anak tidak mau minum ASI lagi.

Mama perlu cermat dalam mengonsumsi antibiotik. Langkah pertama yang perlu Mama perhatikan adalah minumlah antibiotik yang telah diresepkan oleh dokter. Di zaman sekarang ini banyak obat antibiotik yang dengan mudah Mama dapatkan dengan menggunakan resep dokter yang lama atau bahkan tanpa resep. Pastikan pula antibiotik yang Mama konsumsi tidak menimbulkan dampak bagi si kecil.Baca juga: Ini daftar masalah payudara yang biasa Mama alami saat menyusui

Selain itu, mintalah pada dokter untuk memberikan obat dengan jangka yang pendek. Mama juga perlu mengatur jadwal minum obat dengan jadwal menyusui si kecil.Minumlah obat setelah menyusui ataupun saat dimana anak tidur panjang. Memerah dan menyimpan ASI juga menjadi alternatif ketika Mama tetap harus minum antibiotik dan menyusui secara bersamaan.Mama bisa mengonsumsi jenis obat probiotik. Probiotik juga punya fungsi yang sama dengan antibiotik. Dampak yang ditimbulkan juga tidak sebesar antibiotik. Obat jenis ini membatasi kerusakan bakteri baik yang ditimbulkan oleh obat antibiotik.Baca juga: Mama menyusui harus menghindari makanan ini. 

Antibiotik untuk ibu menyusui yang tidak sesuai membahayakan si kecil. Mama juga perlu cermat mengenai gejala-gejala yang timbul jika anak mendapatkan dampak buruk dari antibiotik. Gejala tersebut biasanya meliputi rewel, timbul ruam, kejang perut dan perubahan pola tidur dan makan. Mama perlu berkonsultasi pada dokter lebih lanjut. (Niken/Boldsky)