HOAX Panggilan Telepon Mengaku Kemenkes yang Menanyakan Status Vaksinasi, Ini Penjelasan Lengkapnya

By Kirana Riyantika, Rabu, 3 Mei 2023 | 12:01 WIB
Aplikasi Satu Sehat Mobile (Nakita/Diah)

Nakita.id - Aplikasi Satu Sehat merupakan transformasi dari aplikasi PeduliLindungi yang kerap dipakai masyarakat di masa pandemi Covid-19 lalu.

Satu Sehat sudah resmi diluncurkan pada 28 Februari 2023.

Aplikasi ini merupakan pengembangan dari PeduliLindungi.

Tak hanya terkait Covid-19, namun juga mengenai informasi kesehatan lainnya.

Berita yang ditampilkan di Satu Sehat terjamin keakuratannya.

Pada akun instagram resmi Satu Sehat baru-baru ini mengabarkan berita HOAX mengenai panggilan telepon yang mengaku dari Kemenkes RI menanyakan status vaksinasi.

Aplikasi Satu Sehat

"HOAX panggilan telepon mengaku dari Kemenkes RI menanyakan status vaksinasimu!

Hi #Healthies, Kami mendapat laporan adanya panggilan telepon yang mengaku dari @kemenkes_ri dan menanyakan status vaksinasi.Kamu perlu waspada dan ingat selalu bahwa pengecekan status dan sertifikat vaksin COVID-19 hanya dapat dilakukan melalui aplikasi SATUSEHAT Mobilemu.Rilis resmi dari Kemenkes akses Berita melalui SATUSEHAT Mobilemu." tulis akun resmi Satu Sehat.

Baca Juga: Penumpang Kereta Api Indonesia Tunjukan Ini di Aplikasi SatuSehat Mobile, Gantikan PeduliLindungi

Melansir Kompas, Kementerian Kesehatan menargetkan seluruh fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat terintegerasi dengan platform Satu Sehat tahun ini.

Karina Kusumawardani selaku Head of Communication Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes mengungkapkan bahwa Satu Sehat Mobile merupakan bagian besar dari ekosistem Satu Sehat.