Mengatasi Masalah Tidur Bayi Setelah Sakit

By Gisela Niken, Kamis, 17 Maret 2016 | 23:55 WIB
Mengatasi Masalah Tidur Bayi Setelah Sakit (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Bayi yang sedang sakit membuat Mama sibuk merawatnya. Namun, ada masalah lain yang muncul setelah bayi sakit yaitu waktu tidurnya yang kembali terganggu. Saat sakit, bayi cenderung terbangun di tengah malam karena rasa sakit dan rasa tidak nyaman dari dalam dirinya. Untuk itu, Mama perlu trik khusus untuk mengatasi masalah tidur bayi terutama setelah sakit.

1.Jadikan ia aktifSaat siang hari, buatlah ia aktif. Jangan buat ia tidur terlalu lama di siang hari. Saat ia sakit, ia cenderung berisitirahat di siang hari dan terbangun di malam hari. Aktif di siang hari akan memberikan stimulus padanya bahwa di siang hari adalah waktunya untuk bermain sementara di malam hari adalah waktunya untuk beristirahat. Buat siang harinya penuh dengan aktivitas menyenangkan.Baca juga: 11 Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak 

2.Membuat waktu tidur yang konsistenMama perlu membiasakan kembali apa yang telah menjadi jadwal tidurnya sebelum sakit. Meski sulit, konsistensi dapat membantu untuk memberitahu pada bayi jadwal tidur yang sebelumnya dilakukan. Lakukan jadwal tidur yang teratur dalam seminggu pertama. Untuk membantunya terbiasa kembali, Mama bisa melakukan rutinitas yang membuatnya tenang. Mandi air hangat dan lagu pengantar tidur dapat membantu bayi tidur.

3. Letakkan di tempat tidurMeski ia belum terlihat mengantuk, Mama bisa menaruhnya di tempat tidur ketika waktu tidurnya tiba. Mama juga perlu menemaninya tidur agar ia tidak rewel dan merasa aman. Hal ini akan memberikan stimulus pada bayi agar ia mengantuk dan kemudian tertidur. Kebiasaan ini juga membantunya untuk kembali tidur ketika di tengah malam terjaga.

4.Membuat suasana tidurBayi yang tidak mau tidur bisa jadi bukan karena tidak mengantuk. Suasana yang tidak nyaman memicu bayi rewel dan tidak mau tidur. Pastikan bahwa bayi mendapatkan tempat yang nyaman untuk tidur dan tidak lapar. Meredupkan lampu dan membuat suasana tenang dapat menjadi cara untuk memberikan stimulus padanya bahwa ini adalah saatnya untuk tidur.Baca juga: Mengatur Waktu Tidur Bayi Agar Mama Tak Usah Begadang 

Bayi yang baru sembuh dari sakit mungkin masih merasakan sisa-sisa sakitnya. Untuk itu, Mama perlu memastikan bayi merasa aman dan nyaman saat tidur. Mengatasi masalah tidur bayi setelah sakit juga membantunya untuk kembali pulih dari sakitnya.(Niken/Live Strong)