Cara Jitu Mencuci Sepatu Putih yang Tepat Agar Putih Bersih Seperti Baru, Coba Yuk!

By Shannon Leonette, Senin, 8 Mei 2023 | 06:00 WIB
Bagaimana cara mencuci sepatu putih yang tepat? Salah satunya mengetahui bahan sepatu yang digunakan. (Nakita.id/Shannon)

Nakita.id - Sepatu putih adalah salah satu item fashion yang populer dan bisa digunakan untuk berbagai kesempatan.

Namun, masalah yang sering dihadapi ketika menggunakan sepatu putih adalah mereka cenderung kotor dan mudah terlihat kusam.

Untuk menjaga sepatu putih tetap bersih dan terlihat baru, penting untuk mencucinya secara teratur.

Di bawah ini adalah beberapa tips dan trik untuk mencuci sepatu putih yang tepat.

Cara Mencuci Sepatu Putih yang Tepat

1. Ketahui Bahan yang Digunakan pada Sepatu

Sebelum mencuci sepatu, penting bagi Moms untuk mengetahui jenis bahan apa yang digunakan. Bahan seperti kulit atau suede harus dicuci dengan hati-hati agar tidak merusak bahan.

Namun, jika bahan sepatu terbuat dari bahan yang lebih mudah dicuci seperti kanvas atau mesh, Moms dapat membersihkannya dengan lebih bebas.

2. Gunakan Sikat Lembut

Penting untuk diingat, Moms wajib menggunakan sikat lembut untuk membersihkan kotoran dan noda dari sepatu putih. Hindari penggunaan sikat kasar atau scrub karena dapat merusak bahan sepatu.

Pastikan Moms sudah membasahi sikat dengan air hangat dan tambahkan sedikit sabun cuci piring untuk membersihkan noda. Jangan gunakan terlalu banyak sabun, karena dapat meninggalkan residu dan membuat sepatu terlihat kusam.

3. Jangan Gunakan Mesin Cuci

Moms harus tahu, mesin cuci justru dapat merusak sepatu putih. Oleh karena itu, hindari mencuci sepatu dalam mesin cuci karena dapat membuat sepatu rusak atau mengecil.

Sebaiknya, cucilah sepatu secara manual dengan tangan.

4. Jangan Keringkan Sepatu di Bawah Sinar Matahari

Selanjutnya, keringkan sepatu di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Sebab, hal ini dapat membuat bahan sepatu menjadi kering dan pecah-pecah.

Baca Juga: Ternyata Ini Rahasia Tempat Pencucian Sepatu, Simak Cara Mencuci Sepatu Putih Agar Tidak Berubah Warna