3 Perbedaan Posyandu Lansia dengan Posbindu, Moms Jangan Sampai Salah

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 6 Mei 2023 | 13:30 WIB
Beda posyandu lansia dan posbindu (Nakita.id/Nita Febriani)

Nakita.id - Berikut ini perbedaan posyandu lansia dan posbindu.

Mungkin Moms sudah tahu kalau posyandu lansia, tapi posbindu?

Posbindu saat ini telah menjadi salah satu strategi penting pemerintah (Kemenkes) untuk mengendalikan trend penyakit tidak menular yang semakin mengkawatirkan.

Sebagaimana kita ketahui, berbagai data dan penelitian, menunjukkan bahwa trend tingkat kesakitan dan kematian penyakit tidak menular (hipertensi, diabetes, stroke, jantung, ginjal, dan lainnya), sudah melampaui tinkat morbiditas dan mortalitas penyakit menular.

Perbedaan Posyandu Lansia dan Posbindu

Perbedaan terutama pada sasaran.

Pada Posyandu mencakup bayi, balita, Ibu hamil, ibu menyusui, ibu nifas, serta wanita usia subur.

Sedankan sasaran usia Posbindu Kelompok Masyarakat Sehat, Berisiko dan Penyandang PTM atau orang dewasa yang berumur 15 tahun keatas.

Posyandu sebetulnya dapat dimanfaatkan sebagai wadah atau tempat Posbindu.

Selain juga dapat memanfaatkan lembaga yang sudah ada, seperti posyandu Lansia, Pos UKK, atau membentuk tempat dan lembaga khusus lainnya sesuai kesepakatan masyarakat, karena Posbindu merupakan salah satu bentuk UKBM (sebagaimana halnya Posyandu).

Untuk memahami apa itu Posbindu, baik menyangkut pengertian, tujuan, sasaran, manfaat, dan kegiatannya, berikut isi juknis Posbindu Kemenkes, 2014.

Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik.

Baca Juga: Hari Posyandu Nasional, Isu Stunting Masih Menjadi Fokus Utama