Tips Mencegah Terjadinya Perselingkuhan dalam Rumah Tangga menurut Ahli Psikolog

By Shannon Leonette, Selasa, 9 Mei 2023 | 12:00 WIB
Moms dan Dads bisa mencegah perselingkuhan sedari dini dengan menerapkan beberapa tips berikut, termasuk membangun komunikasi antar pasangan. (Pexels.com/Hồ Thành)

Nakita.id - Akhir-akhir ini, kasus perselingkuhan kian marak terjadi di Indonesia. Tak sedikit kasus dimana suami istri sama-sama mengalami dampak negatif dari perselingkuhan ini, baik fisik, psikologis, emosional, hingga finansial.

Agar perselingkuhan tak terjadi dalam suatu rumah tangga, Moms dan Dads bisa mencegahnya dengan berbagai langkah. Simak artikel terkait tips mencegah terjadinya perselingkuhan dalam rumah tangga menurut ahli psikolog berikut ini.

Tips Mencegah Terjadinya Perselingkuhan dalam Rumah Tangga

1. Bangun Komunikasi Antar Pasangan

Menurut Seni Septiani Sanusi, S.Psi, kunci utama agar tidak terjadi perselingkuhan ada pada komunikasi internal di antara pasangan. Kemudian, lanjut Seni, saling mengetahui dan menerima karakter masing-masing pasangan.

Seni Septiani Sanusi, S.Psi., Psikolog

"Jika ada perbedaan pendapat, diselesaikan berdua dahulu. Tidak melibatkan orang lain," sebut Seni saat dihubungi Nakita, Jumat (5/5/2023).

2. Miliki Ruang Privat

Selain itu, tambah Seni, pasangan harus memiliki ruang privat sendiri.

"Artinya, misalnya tidak ada anak yang tidur bersama mereka," kata psikolog yang berpraktik di Klinik Psikologi Ramaniya ini.

"Termasuk, jika tinggal di rumah keluarga besar misalnya. Pasangan suami istri harus memiliki kamar yang hanya untuk mereka berdua," lanjutnya.

3. Bicarakan Kebutuhan Seksual Masing-masing

Seni juga menyampaikan, kebutuhan seksual masing-masing pasangan harus dibicarakan.

"Imajinasi seksual yang dimiliki yang ingin dilakukan berdua, intensitasnya, mencari alternatif untuk tetap bisa menyalurkan rasa cinta atau kasih sayang secara fisik. Walaupun misalnya, saat istri sedang datang bulan atau saat salah satu harus berada jauh dari rumah inti mereka," terang Seni.

4. Bicarakan secara Terbuka

"Termasuk saat salah satu merasa kesal dengan yang lain, bagaimana cara melampiaskan kekesalan, permintaan maaf, berbaikan kembali," sebut Seni.

Baca Juga: 5 Faktor yang Menyebabkan Seseorang Selingkuh, Salah Satunya Dilihat dari Faktor Pasangan