Kusam dan Noda Berminyak Langsung Lenyap, Ini Manfaat Mencuci Pakaian dengan Air Hangat

By Ratnaningtyas Winahyu, Minggu, 21 Mei 2023 | 18:30 WIB
Manfaat mencuci pakaian dengan air hangat (Freepik.com/pressfoto)

Nakita.idMencuci pakaian adalah tugas rumah tangga yang tak terhindarkan bagi setiap orang. Saat melakukan proses pencucian, pemilihan suhu air dapat memengaruhi hasil akhir dan kualitas pakaian yang dicuci.

Salah satu pilihan yang sering digunakan adalah mencuci pakaian dengan air hangat.

Ya, mencuci pakaian dengan air hangat ternyata memiliki manfaat tertentu yang membuatnya menjadi pilihan yang baik dalam beberapa situasi.

Lantas, apa saja manfaatnya, ya? Yuk, simak berikut ini penjelasannya!

Manfaat mencuci pakaian dengan air hangat

Mencuci pakaian dengan air hangat memiliki beberapa manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat mencuci pakaian dengan air hangat:

1. Meningkatkan efektivitas pembersihan

Air hangat dapat membantu melarutkan noda, kotoran, dan minyak dengan lebih baik dibandingkan dengan air dingin. Ini memungkinkan deterjen bekerja lebih efektif untuk menghilangkan noda yang membandel.

2. Menghilangkan bakteri dan jamur

Air hangat memiliki suhu yang lebih tinggi, sehingga dapat membunuh bakteri, jamur, dan mikroorganisme lainnya pada pakaian.

Hal ini khususnya penting untuk pakaian yang terkena keringat, atau jika Moms ingin mencuci pakaian dalam yang membutuhkan sterilisasi yang lebih baik.

3. Menghilangkan bau yang tidak sedap

Air hangat dapat membantu menghilangkan bau yang tidak sedap pada pakaian, seperti bau keringat atau bau makanan yang menempel. Suhu yang lebih tinggi membantu mengangkat bau-bau tersebut dengan lebih efektif.

4. Menghilangkan alergen

Jika Moms atau anggota keluarga memiliki alergi atau sensitivitas terhadap alergen seperti tungau debu atau serbuk sari, mencuci pakaian dengan air hangat dapat membantu menghilangkan alergen tersebut.

Suhu yang lebih tinggi dapat membantu menghancurkan dan menghilangkan alergen yang menempel pada pakaian.

Baca Juga: Rahasia Membersihkan Kerah Kemeja dengan Mesin Cuci, Anti Kuning dan Bikin Daki Minggat