Kenali Hukum Kekekalan Momentum dan Jenis Tumbukan, Materi Bab 3 Fisika Kelas XI Kurikulum Merdeka Halaman 79-82

By Shannon Leonette, Kamis, 25 Mei 2023 | 17:08 WIB
Berikut materi tentang hukum kekekalan momentum dan jenis tumbukan di Bab 3 Fisika Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka halaman 79-82. (Freepik)

Nakita.id - Berikut materi tentang hukum kekekalan momentum dan jenis tumbukan di Bab 3 Fisika Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka halaman 79-82.

Materi yang dibahas dalam Bab 3 Fisika Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka adalah dinamika gerak partikel.

Dalam materi Bab 3 Fisika Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka kali ini akan membahas mengenai hukum kekekalan momentum, juga jenis-jenis tumbukan.

Berikut materi selengkapnya.

Hukum Kekekalan Momentum

Apabila dua objek saling berinteraksi, tiap objek akan mengalami gaya aksi dan reaksi yang sama besar, seperti ditunjukkan oleh gambar di bawah ini.

Tumbukan antara dua benda

Dengan menggunakan deinisi impuls dari penjelasan sebelumnya, maka keadaan ini secara matematis dapat dituliskan sebagai berikut.

Rumus hukum kekekalan momentum

Persamaan di atas dikenal dengan hukum kekekalan momentum, yang secara sederhana menyatakan bahwa, momentum total sebelum dan sesudah tumbukan adalah sama.

Hukum ini akan berlaku pada keadaan apapun selama terjadi interaksi antara dua benda.

Jenis-jenis Tumbukan

Saat dua benda bertumbukan, akan ada energi yang diubah menjadi energi lain dan akan berdampak pada perbedaan kecepatan relatif sebelum dan sesudah tumbukan.

Baca Juga: Jenis Gaya dan Rumusnya dalam Kehidupan Sehari-hari, Materi Fisika Kelas XI Kurikulum Merdeka Halaman 73-78