Lindungi Eksplorasi Si Kecil dengan Nutrisi dan Stimulasi Tepat

By Ipoel , Selasa, 6 Oktober 2015 | 05:40 WIB
Lindungi Eksplorasi Si Kecil dengan Nutrisi dan Stimulasi Tepat (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com- Pada Sabtu (12/9) lalu, Medan mendapat giliran dikunjungi oleh DANCOW Parenting Center bersama nakita. Kunjungan ini adalah bagian dari roadshow keliling 10 kota di Indonesia dalam penyelenggaraan seminar setengah hari bertema “Lindungi Eksplorasi si Kecil dengan Nutrisi dan Stimulasi Tepat.” Dalam seminar ini, DANCOW Parenting Center dan nakita menghadirkan pakar-pakar tumbuh kembang anak. Mereka adalah Dra. Ratih Ibrahim, MM, Psi, dr. Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK., dan Sari Sunda Bulan AMG.

Wildan Kusno, Area Sales Manager PT. Nestlé Indonesia, begitu gembira dengan antusiasme masyarakat Medan dalam mengikuti seminar ini. Dalam sambutannya, ia menyatakan antusiasme peserta seminar adalah bentuk kepedulian orangtua terhadap tumbuh kembang anak. “Tidak ada sekolah untuk menjadi orangtua, karena itulah DANCOW Parenting Center, hadir di Medan mengadakan seminar ini untuk berbagi informasi seputar parenting dan tumbuh kembang anak”.

“DANCOW Parenting Center ingin menjadi mitra terpercaya orangtua dalam memastikan tumbuh kembang anak yang optimal dengan memenuhi tiga kebutuhan dasar yaitu perlindungan, stimulasi fisik, dan kasih sayang, Lebih lanjut Wildan Kusno menambahkan, Bunda dan Ayah bisa mendapatkan informasi seputar Nutrisi dan Parenting melalui Facebook DANCOW Parenting Center, Twitter @DANCOWCenter dan website www.dancow.co.id/dpc.

Menurut dra. Ratih Ibrahim, MM, Psi, “Orangtua harus memberikan yang dibutuhkan anak, bukan apa yang dia senang dan inginkan. Yang dibutuhkan anak adalah ruang untuk bereksplorasi karena bereksplorasi adalah tugas perkembangannya. Nah untuk bereksplorasi dengan baik anak butuh nutrisi, attachment/bonding, dan stimulasi. Ketiga hal ini, perlu mendapatkan perhatian yang sama. Khusus stimulasi, yang dibutuhkan anak adalah stimulasi yang bisa merangsang psikososial, bahasa, memori-perhatian, problem solving, juga psikomotorik. Tetapi stimulasi saja tidak cukup, harus ada kasih sa­yang, dan tentunya didukung asupan nutrisi yang baik.”

NUTRISI DUKUNG TUMBUH

KEMBANG

dr. Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK, selanjutnya menjelaskan, “asupan nutrisi yang seimbang dan sesuai tahapan usia akan bekerja dengan efektif dalam tubuh si Kecil. Pilihan nutrisi yang tepat dapat melengkapi kebutuh­an si Kecil secara menyeluruh untuk mendukung tumbuh kembangnya. Faktanya 80% sistem daya tahan tubuh terletak pada saluran cerna. Nutrisi untuk membantu perlin­dungan dapat diperoleh dari ber­bagai sumber seperti Lactobacillus rhamnosus, Bifidobacterium longum, Serat pangan Inulin, serta nutrisi penting lainnya. Nutrisi tersebut dapat membantu melin­dungi si Kecil sehingga ia dapat belajar dan aktif bereksplorasi.”

Di sesi berikutnya, Sari Sunda Bulan, AMG menjelaskan di usia 2 tahun, ukur­an otak anak sudah mencapai 80% berat otak dewasanya. Simpul-simpul sarafnya pun sudah tersambung. Di usia inilah kita harus memperhatikan betul pemberian nutrisinya. Ia butuh nutrisi untuk berkembang secara baik. Nutrisi yang dibutuhkan oleh otak adalah DHA yang diantaranya bersumber dari minyak ikan, dan asam lemak esensial Omega 3 (ALA) dan Omega 6 (LA).

BAGAIMANA KANDUNGAN

NUTRISI SUSU PERTUMBUHAN?

Itu adalah pertanyaan dari Sarmeny, Bunda dari Yeremi (2). Menurut SariSunda Bulan, kita harus melihat kan­dung­an susunya, pastikan yang ditulis dalam komposisi adalah mengan­dung nutrisi yang baik. “DANCOW Excelnuti+ memiliki kandungan nutrisi yang lengkap seimbang untuk perlin­dungan, pro­ses belajar dan pertumbuh­an fisik. Nutrisi untuk perlindungan ada probiotik, serat pangan inulin, vitamin A, C E, dan mineral Selenium serta Zink. Untuk proses belajar mengandung Mi­nyak Ikan (sumber DHA), Omega 3 dan 6, tinggi protein,” jelas Sari. Tak hanya kandungan nutrisi, Bunda pun perlu memastikan rasa yang pastinya harus disukai anak.

Irfan Hasuki