Ini Alasannya Mengapa Kulkas Tidak Dibawa atau Diletakkan dalam Posisi Miring! Bahayanya Luar Biasa

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 22 Juni 2023 | 11:30 WIB
kenapa kulkas tidak boleh dibawa miring (Poetri / Nakita)

Nakita.id - Kulkas adalah salah satu perangkat penting di rumah kita yang berfungsi untuk menyimpan makanan dan minuman agar tetap segar.

Namun, tahukah Moms bahwa kulkas memiliki batasan dan tidak boleh dibawa dalam posisi miring?

Dalam artikel ini, kita akan membahas alasan kenapa kulkas tidak boleh dibawa miring dan bahaya yang mungkin terjadi jika hal tersebut dilakukan.

Alasan Kulkas Tidak Boleh Dibawa Miring

1. Kerusakan pada Sistem Pendingin

Salah satu alasan utama mengapa kulkas tidak boleh dibawa miring adalah karena dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pendingin yang ada di dalamnya.

Kulkas dirancang dengan sistem kompresor yang berfungsi untuk mendinginkan dan mengatur suhu di dalamnya.

Ketika kulkas dibawa miring, minyak yang berfungsi sebagai pelumas dalam sistem kompresor dapat mengalir ke bagian yang tidak seharusnya, seperti ke pipa-pipa atau komponen lainnya.

Hal ini dapat menyebabkan kegagalan sistem pendingin dan mengakibatkan kulkas tidak berfungsi dengan baik atau bahkan rusak secara permanen.

2. Gangguan pada Pintu dan Karet Pintu

Membawa kulkas dalam posisi miring juga dapat menyebabkan gangguan pada pintu kulkas dan karet pintu yang penting untuk menjaga suhu dalam kulkas tetap stabil.

Pintu yang tidak tertutup rapat atau karet pintu yang rusak dapat menyebabkan kebocoran udara dan suhu yang tidak stabil di dalam kulkas.

Akibatnya, makanan dan minuman di dalam kulkas bisa menjadi cepat basi atau tercemar, dan kulkas harus bekerja lebih keras untuk menjaga suhu yang diinginkan.

3. Kehilangan Suhu Optimal

Kulkas dirancang untuk menjaga suhu yang stabil dan optimal agar makanan dan minuman tetap segar dan aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Inilah Cara Tepat Membersihkan Freezer Kulkas Agar Tidak Bau