Cuaca Ekstrem Jumat 23 Juni 2023, BMKG Peringatkan Potensi Hujan Lebat di Indonesia Bagian Ini

By Aullia Rachma Puteri, Jumat, 23 Juni 2023 | 07:00 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Jumat 23 Juni 2023 (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk Jumat (23/6/2023), besok.

Sebanyak 21 wilayah diperkirakan mengalami hujan lebat yang dapat disertai angin.

Dilansir laman resmi BMKG, Bibit 92W terpantau berada di Laut Filipina sebelah timur Filipina, dengan kecepatan angin maksimum 15 knots, dan tekanan udara minimum 1009.4 mb.

Bibit 92W bergerak ke arah Timur Laut menjauhi wilayah Indonesia dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada dalam kategori Rendah.

Bibit ini membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dan daerah pertemuan angin (konfluensi) dari Samudra Pasifik Timur Filipina hingga Pesisir Timur Filipina.

Sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Pasifik Timur Laut Papua yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Samudra Pasifik Timur Laut Papua serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Samudra Pasifik Timur Filipina, dan Samudra Pasifik Utara Papua.

Daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang di Laut Cina Selatan, dari pesisir barat Sumatra Barat hingga Aceh, dari Samudra Pasifik Timur Filipina hingga Filipina Bagian Tengah, dari dari Pulau Seram hingga Sulawesi Utara, dan dari Papua Tengah hingga Papua Bagian Utara.

Serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Laut Cina Selatan, Laut Banda, Laut Flores hingga Laut Jawa, Samudra Hindia Selatan Bali hingga Barat Daya Lampung, dan dari Laut Arafuru hingga Laut Aru.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah bibit siklon/konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang dikutip dari bmkg.go.id.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

• Aceh

Baca Juga: Prediksi Cuaca Ekstrem Kamis 22 Juni 2023, BMKG Sebutkan Wilayah Indonesia Bagian Ini Bakal Alami Hujan Lebat hingga Angin Kencang