Cuaca Ekstrem Selasa 27 Juni 2023, BMKG Perkirakan Hujan Lebat di Wilayah Indonesia, Bagian Mana?

By Aullia Rachma Puteri, Selasa, 27 Juni 2023 | 07:00 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Selasa 27 Juni 2023 (Nakita.id/Aullia)

Nakita.id - Berikut peringatan cuaca ekstrem yang telah dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk sejumlah wilayah, Selasa (27/6/2023). Dilansir dari BMKG, berikut rincian peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia.

BMKG mengatakan, sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia Barat Sumatra Utara, di Filipina bagian Tengah, dan di Samudra Hindia Selatan Jawa Timur.

Kondisi ini, menurut BMKG, dapat membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Samudra Hindia Barat Sumatera Barat, dan dari Samudra Hindia Selatan NTB hingga selatan Jawa Timur.

Serta daerah pertemuan angin (konfluensi) memanjang di Samudra Hindia Barat Daya Sumatera, dan dari Laut Natuna hingga Laut Cina Selatan.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik/konvergensi dan di sepanjang daerah konfluensi tersebut.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang:

Aceh

Sumatera Utara

Sumatera Barat

Riau

Kep. Riau

Baca Juga: Prediksi Cuaca Ekstrem Minggu 25 Juni 2023, BMKG Minta Masyarakat Wilayah Ini Waspada Hujan Lebat hingga Angin Kencang