Rincian Biaya Kuliah UKT Per Semester UI di 5 Jurusan Favorit

By Shannon Leonette, Jumat, 30 Juni 2023 | 17:00 WIB
Simak selengkapnya berapa biaya kuliah UKT per semester di kelima jurusan favorit UI, termasuk jurusan Pendidikan Dokter. Catat sekarang! (Pexels.com/Pixabay)

Nakita.id - Selamat bagi calon mahasiswa yang lolos SNBT 2023 di UI!

Sebagai informasi, Universitas Indonesia (UI) adalah salah satu PTN favorit yang banyak didambakan siswa SMA yang baru saja lulus. Namun sebelum itu, calon mahasiswa perlu memantapkan untuk memilih jurusan yang akan diambil di UI.

Sebab jika lolos, mau tidak mau calon mahasiswa tersebut harus tahu biaya kuliah UKT per semesternya di masing-masing jurusan UI. Termasuk, jurusan favorit. Simak artikel berikut untuk melihat rincian biaya kuliah UKT per semester UI di beberapa jurusan favorit ini.

Biaya Kuliah UKT Per Semester di 5 Jurusan Favorit UI

Sebagai informasi, terdapat dua mekanisme pembayaran biaya operasional (BOP) atau biaya per semester yang dikeluarkan selama mengikuti perkuliahan program Sarjana Reguler di UI.

Pertama adalah BOP-Berkeadilan, di mana pengajuan tarif uang kuliah tunggal (UKT) yang dibayarkan per semester disesuaikan dengan kemampuan calon mahasiswa.

Terkait mekanisme ini, terdapat sejumlah data dan dokumen pendukung yang harus disertai dalam proses pengajuannya.

Kemudian terdapat BOP-Pilihan, yakni jumlah UKT ditentukan sendiri sesuai keinginan untuk berpartisipasi dalam membantu biaya operasional pendidikan sarjana reguler.

1. Jurusan Pendidikan Dokter

Jurusan Pendidikan Dokter masuk dalam rumpun Sains, Teknologi, dan Kesehatan (IPA). Berikut rinciannya.

a. BOP-Berkeadilan

- Kelas 1: 0 s.d. Rp 500.000

- Kelas 2: Rp 500.000 s.d. Rp 1.000.000

Baca Juga: Biaya Kuliah di UNDIP Jalur SNBT 2023 Lengkap dengan Jurusan Favorit Pilihan Siswa