Jangan Sampai Setelah Idul Adha Kolesterol Melonjak Naik, Segera Normalkan Kolesterol dengan Jus Enak Ini

By Diah Puspita Ningrum, Sabtu, 1 Juli 2023 | 17:30 WIB
Jus untuk menurunkan kolesterol (Freepik)

Nakita.id - Setelah merayakan Idul Adha yang penuh dengan hidangan lezat dan berlimpah, saatnya bagi kita untuk kembali memprioritaskan kesehata.

Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan adalah kadar kolesterol dalam tubuh.

Setelah periode perayaan yang mungkin melibatkan konsumsi makanan tinggi lemak, sekaranglah waktu yang tepat untuk mengambil langkah-langkah dalam menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.

Idul Adha seringkali dikaitkan dengan hidangan daging yang lezat, namun, konsumsi berlebihan lemak jenuh dan kolesterol dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengadopsi perubahan gaya hidup yang sehat setelah Idul Adha.

Menurunkan Kolesterol Setelah Idul Adha

Pertama, perhatikan pola makan Moms dan keluarga. Hindarilah makanan olahan dan makanan cepat saji yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol.

Sebaliknya, fokuslah pada makanan yang rendah kolesterol seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan berlemak, dan produk susu rendah lemak.

Selain itu, penting untuk mengendalikan asupan lemak jenuh. Gantilah minyak kelapa atau minyak zaitun yang mengandung lemak sehat yang baik untuk jantung.

Konsumsilah daging tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit atau ikan sebagai sumber protein. Moms juga bisa menurunkan kolesterol dengan konsumsi jus buah dan sayur.

Berikut adalah beberapa jus yang bisa bermanfaat untuk menormalkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Yuk simak!

1. Jus jeruk