Inilah Alasan Penting Dads Harus Berperan Sama Saat Anak Mulai MPASI

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 10 Juli 2023 | 16:55 WIB
Ayah berperan sama saat anak mulai MPASI (Freepik)

Nakita.id - Pada tahap perkembangan anak, pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) merupakan langkah penting yang menandai transisi dari makanan eksklusif ASI atau susu formula.

Tradisionalnya, peran ibu dalam memberikan MPASI sering kali lebih dominan dan dianggap sebagai tugas yang secara alami melekat pada peran seorang ibu.

Namun, semakin banyak penelitian yang menyoroti pentingnya seorang Dads berperan sama dalam memperkenalkan dan mendukung anak saat memulai MPASI.

Inilah mengapa seorang Dads berperan sama saat anak MPASI sangat penting dalam tahap ini dan bagaimana mereka dapat berkontribusi secara positif dalam memberikan MPASI kepada anak.

1. Keterlibatan Ayah Membantu Membentuk Pola Makan Sehat

Melibatkan ayah dalam memberikan MPASI kepada anak dapat membantu membentuk pola makan sehat yang baik sejak dini.

Ayah dapat berperan dalam memperkenalkan berbagai jenis makanan sehat, seperti sayuran, buah-buahan, protein, dan sumber karbohidrat yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Dengan melibatkan ayah dalam pemberian MPASI, anak akan terbiasa dengan berbagai rasa dan tekstur makanan yang beragam, sehingga mereka akan lebih menerima makanan yang sehat dan bervariasi di kemudian hari.

2. Model Perilaku Makan yang Positif

Ayah memiliki peran penting dalam menjadi model perilaku makan yang positif bagi anak.

Saat anak melihat ayah mereka menikmati makanan sehat dan berpartisipasi aktif dalam makanan keluarga, hal itu dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi anak untuk mengikuti pola makan yang sama.

Baca Juga: Kenali Dampak Fatherless, Ini yang Akan Terjadi Apabila Ayah Tak Berperan Sama dalam Keluarga