Nakita.id - Bagi ibu rumah tangga, sangat penting untuk mengatur keuangan.
Salah satunya yaitu mengendalikan tagihan listrik.
Sebisa mungkin, usahakan supaya tagihan listrik tidak emmbengkak.
Sebab, jika tagihan membengkak tentu membuat Moms harus mengatur keuangan seoptimal mungkin.
Banyak yang penasaran apakah di rumahnya alami kebocoran arus listrik.
Bahkan, sampai ada yang mengecek kebocoran arus listik sendiri di rumah.
Melansir Kompas, beberapa waktu lalu viral di media sosial mengenai cara mengecek kebocoran arus listrik pada meteran prabayar.
Pada informasi tersebut, dikatakan bahwa cara mengeceknya yaitu dengan memasukkan kode rahasia.
"Cara mengecek kebocoran arus listrik. Btw tombol 44 ini fungsinya untuk mengecek ampere yang sedang digunakan yaa broo siss.. Logikanya ketika MCB dalam keadaan Off namun masih ada ampere yang mengalir, berarti terjadi kebocoran listrik," tulis pengunggah.
Dalam video singkat itu, terlihat seseorang menggeser Mini Circuit Breaker (MCB) ke arah kiri dan menekan tombol 44 sebanyak 3 kali secara berulang.
"Cara mengecek arus bocor pada kwh prabayar. MCB metran di posisikan off, lalu tekan angka 44 terus enter, jika muncul angka selain angka nol berarti ada arus yg terbuang," demikian tertulis di video.
Baca Juga: Simak Penyebab Listrik Boros Padahal Pemakaian Sedikit yang Kerap Tak Disadari
Lantas, benarkah cara tersebut bisa mengecek kebocoran listrik?
Menurut pihak PLN, menekan kode 44 pada meteran listrik bertujuan untuk mengecek arus.
Hal tersebut disampaikan Ririn Rachmadini.
"Kode 44 pada kWh meter Prabayar digunakan untuk mengecek arus (Ampere) yang mengalir baik di penghantar fasa atau netral," ujar Ririn, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.
Apabila ada angka selain 0 apa artinya?
Menurut Ririn, jika di kWh meter menunjukkan angka selain 0, maka ada 2 kemungkinan terjadi.
Pertama, kemungkinan ada kebocoran arus yang tidak terukur pada saat kwh meter membaca arus pada kabel netral.
Hal tersebut bisa terjadi karena ketidakseimbangan beban, sistem pentanahan kurang baik, dan sebagainya.
Kedua, bisa dikarenakan instalansi listrik bangunan pelanggan tidak sesuai standar.
Meski begitu, sangat tidak disarankan Dads mengutak-atik kWh meter atau instalansi listrik sendiri.
Jika dirasa ada masalah, sebaiknya segera hubungi pihak PLN. Bisa melalui PLN Mobile atau contact center PLN.
Baca Juga: Jarang Disadari, Ternyata Inilah Kebiasaan yang Bikin Boros Tagihan Listrik