Penanganan Stunting yang Tepat dari Orangtua, Wajib Tahu Hal Ini

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 20 Juli 2023 | 18:00 WIB
Penanganan stunting yang tepat (Nakita.id/Adel)

Nakita.id - Stunting adalah masalah kesehatan yang serius yang terjadi ketika anak mengalami gangguan pertumbuhan yang mengakibatkan anak memiliki tinggi badan yang lebih pendek dari rata-rata usia sebayanya.

Stunting biasanya terjadi pada anak-anak di bawah usia lima tahun, dan kondisi ini dapat memiliki dampak jangka panjang pada perkembangan fisik dan kognitif anak.

Oleh karena itu, penanganan stunting yang tepat dari orangtua sangatlah penting untuk mencegah dampak negatif yang lebih lanjut.

Berikut adalah beberapa langkah penanganan stunting yang tepat dari orangtua:

1. Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Penting bagi orangtua untuk membawa anak ke dokter secara rutin untuk pemeriksaan kesehatan.

Pemeriksaan rutin ini membantu mengidentifikasi masalah kesehatan yang mungkin menyebabkan stunting, seperti masalah gizi, infeksi, atau gangguan hormonal.

Dengan mendeteksi masalah kesehatan sejak dini, langkah penanganan yang tepat dapat diambil untuk mencegah stunting menjadi lebih parah.

2. Pemberian Nutrisi yang Baik

Nutrisi yang baik adalah kunci untuk mencegah dan mengatasi stunting.

Pastikan anak Moms menerima makanan yang seimbang dan bergizi, termasuk protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

Berikan makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu.

Perhatikan juga kuantitas makanan yang dikonsumsi anak, pastikan bahwa mereka mendapatkan jumlah kalori yang cukup sesuai dengan usia dan tingkat aktivitas mereka.

Baca Juga: Ayah Punya Peran Besar dalam Mencegah Stunting Sejak Bayi Masih dalam Kandungan, Ini Peran dan Dampaknya