Berikut Daftar Peraih Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak 2023

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Sabtu, 22 Juli 2023 | 23:10 WIB
Malam Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2023 (NAKITA - Poetri Hanzani)

Nakita.id - Rangkaian Hari Anak Nasional 2023 yang berlangsung sejak 20 Juli 2023 hingga 23 Juli 2023 sudah memasuki hari ketiga.

Acara yang dikemas dalam Forum Anak Nasional yang berlangsung di Semarang ini hampir di penghujung acara.

Setelah berbagai rangkaian acara yang berlangsung, malam ini merupakan malam yang dinanti-nanti.

Pasalnya, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak akan memberikan penghargaan bagi kabupaten/kota layak anak.

Perlu diketahui KLA (Kabupaten/kota layak anak) ini merupakan kabupaten/kota terbaik yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.

Dalam acara ini, Menteri PPPA Bintang Puspayoga dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk mencapai Kabupaten/Kota Layak Anak tidak bisa hanya melibatkan satu orang saja, namun keterlibatan semua pihak termasuk mendengarkan pandangan dan pendapat serta aspirasi anak.

Ia menyampaikan bahwa dalam evaluasinya, proses untuk mencapai Kabupaten/Kota Layak anak, sudah dipantau dan dianalisis sesuai dengan Pedoman Peraturan Presiden No. 25/2021 tentang Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak.

"Kami sangat menyadari, sungguh tidaklah mudah mewujudkan sebuah Kabupaten/Kota Layak Anak karena untuk mewujudkan, selain dibutuhkan komitmen kuat juga diperlukan koordinasi dan pengintegrasian semua program oleh anak oleh seluruh perangkat daerah," ujar Menteri Bintang Puspayoga.

"Untuk itu kami memberikan apresiasi kepada Bupati/Walikota atas kerja-kerja baiknya mewujudkan kepeduliannya kepada pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak melalui kebijakan program dan penganggaran daerah," lanjutnya.

Tak hanya itu, Bintang Puspayoga juga memberikan apresiasi tinggi terhadap para pakar di bidang anak dan perwakilan perguruan tinggi atas terlibatnya tim evaluasi untuk melakukan evaluasi penilaian Kabupaten/Kota Layak Anak.

Berdasarkan hasil penilaian tim evaluasi, ada kenaikan dari 8 Kabupaten/Kota pada 2022 menjadi 19 Kabupaten/Kota pada 2023.

Baca Juga: Demi Persiapkan Generasi Muda yang Sehat Jiwa, Pemerintah Gelar Sosialisasi Berbasis Posyandu