Potensi Cuaca Ekstrem Selasa 15 Juli 2023, Hujan Lebat dan Angin Kencang Bakal Terjadi di Indonesia Wilayah Ini

By Aullia Rachma Puteri, Selasa, 25 Juli 2023 | 07:00 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Selasa 25 Juli 2023 (Freepik.com)

Nakita.id - Berikut informasi seputar peringatan dini cuaca ekstrem pada Selasa 25 Juli 2023.

Sejumlah wilayah di tanah air mendapat peringatan dini terkait cuaca ekstrem.

Dalam rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), 13 wilayah mendapat peringatan dini cuaca ekstrem besok, Selasa (25/7/2023).

13 wilayah tersebut diperkirakan mengalami hujan lebat yang dapat disertai angin.

Dilansir laman resmi BMKG, Siklon Tropis Doksuri terpantau di perairan timur Filipina dengan kecepatan angin maksimum 75 knot (135 km/jam) dan tekanan udara minimum 965 hPa yang bergerak ke arah barat barat laut.

Intensitas siklon tropis tersebut diprakirakan menguat dalam 24 jam ke depan.

Sistem tersebut menginduksi peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) yang memanjang di Filipina bag tengah, perairan utara Sulawesi Utara - Maluku Utara dan perairan timur Filipina serta daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Laut Sulu hingga Filipina.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang daerah low level jet serta konvergensi tersebut.

Selain itu, sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Bengkulu yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Kep.Bangka Belitung.

Daerah Perlambatan Kecepatan Angin (Konvergensi) terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari perairan selatan Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah, di NTT, dari Teluk Bone hingga Selat Makassar, dari Sulawesi Tengah hingga Laut Sulawesi, di perairan utara Papua Barat dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Minggu 23 Juli 2023, BMKG Masih Beri Peringatan Pada Wilayah Berikut Ini