Solusi Agar Anak Bisa Lahap Makan Demi Tumbuh Kembang, Varian Baru Morinaga Morigro Diluncurkan

By Shannon Leonette, Selasa, 25 Juli 2023 | 09:43 WIB
Varian baru Morinaga Morigro diluncurkan pada Selasa (18/7/2023) sebagai solusi untuk mengatasi masalah makan pada anak agar tumbuh kembangnya optimal. Berikut berita selengkapnya. (Dok. Press Release)

Nakita.id - Kesulitan makan (feeding difficulties) adalah istilah umum yang mencakup semua masalah makan yang dapat mempengaruhi proses pemberian makanan kepada anak.

Kesulitan makan ini biasanya diklasifikasikan menjadi tiga kategori utama, yakni nafsu makan terbatas, asupan selektif, dan takut makan.

Ditambah, kategori-kategori kesulitan makan ini memiliki subtipe, termasuk masalah makan yang salah persepsi juga kesulitan makan organik dan non organik.

Head of Medical KALBE dr. Muliaman Mansyur menyampaikan, masalah makan sendiri memiliki bentuk, jenis, dan gejala yang bermacam-macam.

"Misalnya, ada anak seperti anak tidak atau kurang nafsu makan, anak yang pilih-pilih jenis makan, dan anak yang maunya jenis makanan tertentu (picky eaters), anak yang tidak mau makan sama sekali atau makannya sedikit, anak yang tidak bisa menelan makanan karena berbagai sebab," terang dr. Muliaman.

Dirinya menyebut bahwa penyebab masalah makan sendiri paling banyak jatuh pada faktor psikologis, pola asuh, atau makanan itu sendiri.

"Hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja, tetapi harus diperhatikan red flags karena gangguan organik seperti anak sakit, demam, gusi bengkak, sakit menelan, mual muntah, dan gangguan saluran cerna serta penyakit lain, seperti gangguan motorik dan sensorik di area mulut sampai ke pencernaan," papar dr. Muliaman.

"Tentu masalah makan ini harus diatasi dengan mengobati masalah organisnya, psikologis, dan nutrisinya agar tumbuh kembang anak bisa optimal," lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Vera Itabiliana, S.Psi juga menyebut bahwa beberapa faktor psikologis bisa mengubah nafsu makan anak.

"Praktik orangtua dalam memberi makan, orangtua yang juga memiliki feeding difficulties, atau sering menggunakan makanan sebagai hadiah atau hukuman dapat berkontribusi pada kebiasaan pilih-pilih makanan (picky eaters)," ungkap Vera.

"Lalu, pemberian variasi menu makanan yang terbatas juga menyebabkan anak memiliki masalah feeding difficulties," lanjutnya menambahkan.

Baca Juga: Jangan Dibiarkan! Cari Tahu Apa Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Pemilih Makanan di Sini