Simak Sejarah Hari Hepatitis Dunia yang Diperingati Setiap 28 Juli

By Diah Puspita Ningrum, Kamis, 27 Juli 2023 | 20:00 WIB
Sejarah Hari Hepatitis Sedunia (Freepik)

Nakita.id - Setiap tahun pada tanggal 28 Juli, masyarakat memperingati Hari Hepatitis Dunia.

Ini sebuah acara penting yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang hepatitis, mengenali dampaknya yang besar, dan mendorong tindakan pencegahan dan pengobatan.

Hari ini juga menjadi momen untuk mengingat kisah perjuangan penderita hepatitis serta menghormati para tenaga medis dan pihak yang bekerja keras untuk menghadapi tantangan penyakit ini.

Hepatitis adalah penyakit yang menyerang hati dan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk virus, alkohol, dan zat kimia.

Ada beberapa jenis hepatitis, dengan yang paling umum adalah hepatitis A, B, C, D, dan E.

Setiap jenis hepatitis memiliki karakteristik dan dampak yang berbeda pada tubuh.

Sejarah Hari Hepatitis Dunia

Melansir dari laman WHO, Hari Hepatitis Dunia pertama kali diluncurkan pada 2008 oleh World Hepatitis Alliance (Aliansi Hepatitis Dunia), sebuah organisasi nirlaba global yang berfokus pada memerangi hepatitis.

Tujuan dari peringatan ini adalah untuk memberikan kesadaran global tentang beban penyakit hepatitis dan mendorong aksi kolektif dalam pencegahan, pengobatan, dan pengendalian.

Kesadaran tentang hepatitis sebagai masalah kesehatan global semakin meningkat pada awal abad ke-21.

Pada tahun 2010, World Health Assembly (WHA) atau Majelis Kesehatan Dunia, sebuah forum keputusan tingkat tertinggi di World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia, menetapkan tanggal 28 Juli sebagai Hari Hepatitis Dunia.

Pemilihan tanggal ini berkaitan dengan ulang tahun ilmuwan terkemuka dalam bidang hepatitis, yaitu Profesor Baruch Samuel Blumberg.

Baca Juga: Bisa Menyebar Lewat Makanan dan Air Minum, Kenali Gejala Hepatitis A pada Anak Serta Orang Dewasa