Wujudkan Tema Hari Anak Nasional 2023, Bazaar Children's Day by Malo Digelar dan Ajak Ibu Indonesia Berkolaborasi

By Shannon Leonette, Jumat, 28 Juli 2023 | 08:00 WIB
Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Kamis (27/7/2023), Children's Day by Malo digelar. Berikut berita selengkapnya. (Dok. Press Release)

Nakita.id - Setiap tahunnya Hari Anak Nasional diperingati pada tanggal 23 Juli.

Di Hari Anak Nasional 2023 yang bertemakan 'Anak Terlindungi, Indonesia Maju' ini, diharapkan anak-anak Indonesia dapat dipenuhi hak-haknya.

Termasuk, hak untuk dibesarkan di lingkungan keluarga yang bahagia.

Dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional 2023 ini, segenap anak dan ibu Indonesia diajak untuk mengunjungi Children’s Day by Malo, sebuah pop-up curated market persembahan dari ibu, oleh ibu, dan untuk anak Indonesia.

Diadakan di Lantai 4, Atrium Plaza Indonesia pada 27-30 Juli, Children’s Day by Malo mengusung rangkaian kegiatan berupa bazaar produk ibu dan anak Indonesia yang diinisiasi oleh ibu Indonesia, storytelling untuk anak-anak, kelas sensori anak, screening pertumbuhan dan gigi anak, serta talkshow dengan mom’s icon dan praktisi tumbuh kembang anak.

Definisi dari Keluarga Bahagia

Keluarga yang bahagia terwujud apabila seluruh anggota keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak bahagia.

Salah satu ciri keluarga bahagia antara lain adalah tidak adanya kekuasaan salah satu pihak yang melebihi pihak lain.

Seluruh anggota keluarga memiliki hak yang sama untuk memilih, bersuara, mengembangkan diri, dan berdiskusi.

"Dalam keluarga dengan hubungan yang setara, ibu akan lebih berdaya mengembangkan potensi, meningkatkan wawasan dan keterampilan sehingga dia dapat memberikan pengasuhan yang baik dan berkontribusi dalam perekonomian keluarga," ujar Rini Handayani, SE.MM selaku Plt. Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia.

"Ini merupakan prioritas program sesuai dengan lima arahan Bapak Presiden, yaitu meningkatkan kewirausahaan perempuan yang berperspektif gender, sehingga berdampak kepada peningkatan peran ibu dan keluarga dalam pengasuhan dan pendidikan anak. Ibu yang berdaya dan bahagia melahirkan generasi yang dapat membawa Indonesia maju," lanjut Rini mengungkapkan dalam acara konpers Children's Day by Malo, Kamis (27/7/2023).

Mewakili KPPPA, Rini menyatakan bahwa pihak kementerian mendukung upaya Children's Day by Malo untuk menghadirkan pilihan produk lokal berkualitas yang memang diinisiasi oleh para ibu, untuk para ibu demi terwujudnya keluarga bahagia dan anak Indonesia yang terlindungi.

Baca Juga: 7 Tips Memulai Bisnis Bersama Pasangan, Cara Sukses Meraih Kesuksesan dan Harmoni