Tak Hanya untuk Kesehatan Si Kecil, Ternyata Ini Kelebihan ASI Dibandingkan Susu Formula

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Sabtu, 5 Agustus 2023 | 17:30 WIB
Kelebihan ASI dibandingkan susu formula (Freepik)

Nakita.id - Menyusui atau memberikan ASI (Air Susu Ibu) adalah salah satu pilihan terbaik untuk memberikan nutrisi dan perlindungan bagi bayi yang baru lahir.

ASI mengandung zat-zat yang tidak dapat digantikan oleh susu formula, membuatnya menjadi pilihan utama dalam memberi makan bayi.

Artikel ini akan membahas beberapa kelebihan ASI dibandingkan susu formula untuk membantu para ibu memahami pentingnya memberikan ASI eksklusif untuk kesehatan dan perkembangan optimal bayi.

1. Nutrisi yang Tepat dan Seimbang

ASI mengandung nutrisi alami yang ideal untuk kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan bayi. ASI mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral dalam proporsi yang tepat untuk memastikan pertumbuhan yang sehat.

Selain itu, ASI juga mengandung zat-zat khusus seperti antibodi, enzim, dan faktor pertumbuhan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.

2. Perlindungan terhadap Penyakit

ASI mengandung banyak antibodi yang membantu melindungi bayi dari infeksi dan penyakit.

Sistem kekebalan bayi masih belum sepenuhnya berkembang, dan ASI memberikan perlindungan tambahan melalui antibodi yang ditransfer dari ibu ke bayi. Ini membantu bayi melawan berbagai penyakit seperti diare, infeksi saluran pernapasan, dan penyakit lainnya.

3. Dapat Dicerna dengan Mudah

Komposisi ASI yang unik memastikan pencernaan yang mudah bagi bayi.

Baca Juga: Mitos atau Fakta Konsumsi Pil KB Dapat Berpengaruh pada Produksi ASI?