Tips Praktis dan Mudah Membersihkan Alat Makan Bayi dengan Efektif

By Ni Wayan Nugrahani Puspita Dewi, Selasa, 8 Agustus 2023 | 15:21 WIB
Cara membersihkan alat makan bayi. (Shutterctock)

Nakita.id – Bagi Moms yang baru memiliki buah hati, membersihkan peralatan makan bayi adalah hal yang harus selalu diperhatikan. Peralatan makan yang bersih dapat membantu menjaga kesehatan dan kebersihan bayi, serta mencegah infeksi atau penyakit yang dapat disebabkan oleh kuman atau bakteri.

Apalagi, bayi yang baru lahir cenderung memiliki sistem kekebalan yang masih lemah. Mereka rentan terkena infeksi melalui kontaminasi bakteri, misalnya pada botol, dot, mangkuk, peralatan, dan wadah lainnya.

Oleh sebab itu, Moms perlu memahami cara membersihkan peralatan makan bayi yang efektif agar dapat menjaga kebersihan dan keamanan makanan bayi Anda dengan baik. 

Namun, tidak jarang para ibu merasa bingung tentang bagaimana cara membersihkan peralatan makan bayi yang tepat dan efektif. Agar tidak bingung lagi, Moms bisa ikuti cara berikut.

1. Mencuci tangan sampaibersih

 Sebelum memulai membersihkan peralatan makan bayi, pastikan Moms mencuci tangan sampai bersih terlebih dahulu. Gunakan sabun yang dapat membersihkan tangan dengan baik, serta gunakan air hangat untuk membilas tangan secara menyeluruh. Hal ini dapat membantu mencegah transfer kuman dan bakteri dari tangan ibu ke peralatan makan bayi.

2. Gunakan sabun yang aman untuk peralatan makan bayi

Karena daya tahan tubuh bayi masih dalam tahap perkembangan dan lebih rentan terhadap bahan kimia berbahaya, sebaiknya Moms menggunakan sabun khusus untuk mencuci peralatan makan bayi yang aman. Deterjen yang tidak aman mungkin mengandung bahan-bahan seperti pewangi, pewarna, dan bahan kimia keras lainnya yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada bayi.

3. Rendam satu persatu peralatan makan bayi dengan sabun

Mulailah dengan memisahkan peralatan makan bayi seperti sendok, mangkok, piring, gelas, dan botol satu per satu. Pisahkan semua bagian agar mudah dibersihkan. Kemudian rendam alat makan bayi dalam air hangat dengan sabun bayi yang aman digunakan.

5. Gunakan sikat berbulu lembut

Agar lebih bersih maksimal, sikat dan gosok seluruh permukaan peralatan makan dengan lembut, termasuk bagian dalam botol dan dot. Ini karena sisa-sisa makanan bisa saja tersangkut di dalam. Pastikan untuk membersihkan secara menyeluruh.