Ada Paket Wisata hingga Tiket Pesawat! Kompas Travel Fair 2023 Kembali Hadir, Jangan Sampai Terlewat

By Poetri Hanzani, Selasa, 8 Agustus 2023 | 17:24 WIB
Kompas Travel Fair (KTF) akan digelar kembali tahun ini pada 1–3 September di Hall 5 dan Hall 6 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang. (Dok. Kompas)

Nakita.id - Apakah Moms dan keluarga sedang berencana untuk berlibur?

Jika iya, Moms dan Dads bisa mengetahui informasi berikut ini.

Kompas Travel Fair (KTF) akan digelar kembali tahun ini pada 1–3 September di Hall 5 dan Hall 6 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang.

Ajang pameran yang menyediakan beragam kebutuhan para pelancong untuk berwisata ini mengusung tagline “Yuk Berangkat”, yang menyuarakan hasrat masyarakat yang sudah ingin berwisata.

Harian Kompas bersama Bank Mandiri dan Bank OCBC NISP meluncurkan KTF 2023 pada Jumat, 4 Agustus 2023 di Studio 2 Menara Kompas, Jakarta.

Peluncuran KTF 2023 yang dihadiri berbagai penyedia jasa dan pelaku industri perjalanan ini menunjukkan optimisme akan pemulihan industri pariwisata.

Setelah “mati suri” selama pandemi, pada tahun 2022 industri pariwisata mulai menggeliat kembali. Data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tahun 2022 mencatat, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan Nusantara (wisnus) berhasil melampaui target.

Pada 2022, terdapat kunjungan wisman sebanyak 5,5 juta kedatangan atau di atas target yang sejumlah 1,8–3,6 juta kedatangan.

Sementara itu, pergerakan wisnus mencapai 800 juta perjalanan atau di atas target yang sebesar 550 juta perjalanan.

Seiring antusiasme sektor pariwisata pada triwulan I 2023, pemerintah memutuskan untuk menaikkan target kunjungan wisman menjadi 8,5 juta kunjungan dari semula 3,5 juta hingga 7,4 juta kunjungan.

Dengan proyeksi perolehan devisa naik menjadi 6 miliar dollar AS dari sebelumnya yang ditargetkan sebesar 2,07 miliar–5,95 miliar dollar AS. Selain itu, target mobilitas wisnus sebesar 1,2–1,4 miliar perjalanan.

Baca Juga: Ingin Ajak Keluarga Berlibur Sambil Berenang Menikmati Pemandangan Kota Semarang? Louis Kienne Hotel Simpang Lima Bisa Jadi Rekomendasi