Peringatan! Cuaca Ekstrem Rabu 16 Agustus 2023 Diumumkan BMKG, Ini Wilayah yang Kena Dampaknya

By Aullia Rachma Puteri, Rabu, 16 Agustus 2023 | 07:00 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Rabu 16 Agustus 2023 (Dok. Nakita)

Nakita.id - Berikut informasi seputar peringatan dini cuaca ekstrem dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada besok Rabu, 16 Agustus 2023.

Dikutip dari bmkg.go.id, peringatan dini cuaca ekstrem terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Berdasarkan laporan informasi terbaru dari BMKG, cuaca ekstrem terjadi di 19 wilayah di Indonesia.

Tampaknya ada 4 wilayah yangmengalami hujan disertai dengan kilat dan angin kencang.

Sedangkan di Nusa Tenggara Timur berpotensi terjadi angin kencang.

Selain itu di 14 wilayah lainnya juga berpotensi terjadi hujan lebat, disertai kilat dan angin kencang.Daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang.

Konvergensi memanjang dari Laut Andaman hingga Pesisir Barat Thailand, dari Pesisir Barat Vietnam hingga Laut Cina Selatan, dari Laut Sulu hingga Filipina Bagian Selatan, dari Pesisir Barat Lampung hingga Pesisir Barat Bengkulu.

Dari Pulau Timor hingga NTB, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Selat Karimata, dari Papua Tengah hingga Papua Barat dan Samudra Pasifik Timur Filipina juga terjadi konvergensi.

Pertemuan angin (konfluensi) juga terjadi di Laut Cina Selatan, Laut Andaman, Laut Banda, Laut Laut Jawa, Samudra Hindia Selatan NTT hingga Barat Daya Lampung, dari Laut Arafuru hingga Laut Aru, dan di Samudra Pasifik Timur Filipina.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Baca Juga: BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem Selasa 15 Agustus 2023, Waspadalah Wilayah Ini yang Kena Dampaknya

Peningkatan Kecepatan Angin Permukaan > 25 knot terpantau di Laut Cina Selatan, di Laut Andaman, dan di Samudra Hindia Selatan Jawa hingga Barat Daya Sumatra, yang mampu meningkatkan ketinggian gelombang di wilayah perairan sekitarnya.