Membedakan Bakteriofage dan Virus Corona, Jawaban Soal Aktivitas 2.1 Halaman 35 Buku IPA Kelas X SMA Kurikulum Merdeka

By Ratnaningtyas Winahyu, Jumat, 18 Agustus 2023 | 11:29 WIB
Jawaban soal Aktivitas 2.1 halaman 35 IPA kelas X SMA Kurikulum Merdeka tentang struktur virus. (Freepik.com/kjpargeter)

Nakita.id – Saat ini, mata pelajaran IPA kelas X SMA Kurikulum Merdeka tengah berada di bab 2 mengenai virus dan peranannya.

Pada artikel Kurikulum Merdeka sebelumnya, kita telah mengulas beberapa hal tentang virus.

Pengertian virus

Dalam dunia komputer, virus merupakan suatu program yang dapat mengganggu kinerja program komputer lainnya.

Bahkan, dalam dunia sosial media istilah viral sering digunakan. Kata viral ini berarti memiliki sifat seperti virus yakni mudah menyebar.

Akan tetapi, yang akan kita bahas pada bab ini bukan virus pada dunia komputer atau pada berita infotainment, melainkan virus yang memiliki material genetik yang dapat menimbulkan penyakit pada manusia dan makhluk hidup lainnya.

Virus memang tidak kasat mata, tetapi sangat berbahaya. Virus memiliki ukuran yang sangat kecil. Diameter virus berkisar antara 20 nanometer (nm) hingga 400 nanometer (nm).

Oleh karena itu, virus hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron.

Jenis-jenis virus

Berdasarkan jenis asam nukleat yang menyusunnya, virus dikelompokkan menjadi virus DNA dan virus RNA.

Virus DNA adalah virus yang memiliki asam nukleat berupa DNA (asam deoksiribonukleat). Sedangkan, virus RNA adalah virus yang memiliki asam nukleat berupa RNA (asam ribonukleat).

Bentuk virus

Kapsid tersusun atas subunit protein identik yang disebut dengan kapsomer. Beberapa virus memiliki amplop (membran lipoprotein) yang berasal dari sel inang.

Bentuk virus beranekaragam, ada yang berbentuk heliks, polihedral, amplop/spherikal dan kompleks (perhatikan Gambar 2.1).

Baca Juga: Perhatikan! Bukan Hanya Demam dan Sesak, Ini Gejala yang Dirasakan Pasien Positif Corona dalam Urutan Hari ke Hari