Tanpa Bantuan Tukang Servis AC, Begini Cara Mengetahui AC Butuh Freon

By Aullia Rachma Puteri, Selasa, 22 Agustus 2023 | 08:00 WIB
Cara mengetahui AC butuh freon (Freepik.com)

Nakita.id - Mengetahui apakah AC membutuhkan tambahan freon atau tidak merupakan hal penting dalam pemeliharaan sistem pendingin.

Freon adalah refrigeran yang digunakan dalam AC untuk mendinginkan udara.

Jika AC kehabisan freon atau memiliki kebocoran, kinerjanya akan terpengaruh dan mungkin tidak dapat mendinginkan ruangan dengan efektif.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengetahui apakah AC membutuhkan tambahan freon:

1. Pengecekan Suhu Udara Dingin

Salah satu tanda utama bahwa AC membutuhkan freon tambahan adalah ketika suhu udara dingin yang dikeluarkan oleh AC berkurang.

Jika meskipun Anda menyetel AC pada suhu rendah tetapi udara yang keluar tidak terasa cukup dingin, ini mungkin menunjukkan bahwa freon dalam sistem telah berkurang.

2. Penurunan Kinerja Pendinginan

Jika AC tidak lagi mampu mendinginkan ruangan dengan cepat atau efektif seperti sebelumnya, ini bisa menjadi tanda bahwa freon dalam sistem tidak mencukupi.

Anda mungkin merasa ruangan tetap hangat meskipun AC telah dioperasikan dalam waktu yang lama.

3. Siklus AC yang Lebih Cepat dan Lebih Sering

Jika AC secara terus-menerus menyala dan mati dalam waktu singkat, atau siklus kerjanya lebih sering daripada biasanya, ini bisa menjadi indikasi bahwa freon dalam sistem rendah.

AC mencoba untuk mendinginkan ruangan tetapi karena kekurangan freon, sistem harus bekerja lebih keras dan lebih sering.

4. Peningkatan Tagihan Listrik

Jika tagihan listrik Anda tiba-tiba meningkat tanpa adanya perubahan dalam penggunaan energi lainnya, ini bisa menjadi tanda bahwa AC bekerja lebih keras karena kekurangan freon.

Baca Juga: Pantas Ruangan Makin Panas Meski Ada Pendingin Ruangan! Inilah Ciri-ciri Freon AC Habis