Stop Beli Baru! Begini Cara Memperbaiki Putaran Mesin Cuci yang Dol

By Aullia Rachma Puteri, Selasa, 22 Agustus 2023 | 18:30 WIB
Cara Memperbaiki Putaran Mesin Cuci yang Dol (Freepik.com)

Nakita.id - Berikut ini cara memperbaiki putaran mesin cuci yang dol atau rusak.

Tak perlu beli baru, karena Moms bisa memperbaikinya dan mesin cuci di rumah bisa dipakai lagi.

Untuk informasi selengkapnya, simak di sini.

Jika mesin cuci Moms mengalami masalah putaran yang tidak normal atau terasa lambat, ada beberapa langkah yang dapat Moms ambil untuk mencoba memperbaiki masalah tersebut.

Penting untuk diingat bahwa jika Moms tidak memiliki pengetahuan atau keterampilan dalam perbaikan perangkat elektronik, sebaiknya Moms memanggil teknisi profesional untuk melakukan perbaikan yang tepat.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Moms coba jika mesin cuci Moms mengalami masalah putaran yang dol atau lambat.

1. Periksa Beban Pakaian

Pastikan Moms tidak mengisi mesin cuci dengan pakaian melebihi kapasitas maksimal. Beban yang terlalu berat atau terlalu banyak pakaian dapat membuat mesin cuci kesulitan untuk berputar dengan benar.

2. Distribusi Beban yang Merata

Pastikan pakaian didistribusikan dengan merata di dalam mesin cuci. Pakaian yang menggumpal di satu sisi mesin dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan masalah putaran.

3. Periksa Kaki Penyangga

Pastikan mesin cuci diletakkan dengan benar dan kaki penyangga telah diatur sehingga mesin berdiri stabil. Ketidakstabilan dapat mempengaruhi kinerja putaran.

4. Periksa Drive Belt atau V-Belt

Mesin cuci menggunakan belt untuk menggerakkan bagian putaran.

Jika belt kendur atau aus, itu bisa menyebabkan masalah putaran yang tidak normal. Periksa keadaan belt dan pastikan tidak ada yang putus atau kendur.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bergerak Lambat, Bisa Dikerjakan Sendiri atau Panggil Tukang Servis?