Test Pack di Pagi Hari vs. Malam Hari, Mana yang Lebih Akurat? Pengaruh Waktu dalam Uji Kehamilan

By Diah Puspita Ningrum, Sabtu, 26 Agustus 2023 | 18:00 WIB
Test Pack di Pagi Hari vs. Malam Hari (Freepik)

Nakita.idTes kehamilan atau test pack adalah alat yang umum digunakan untuk mendeteksi kehamilan dengan mendeteksi hormon hCG (human chorionic gonadotropin) dalam urine seorang wanita.

Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah hasil test pack lebih akurat jika dilakukan di pagi hari atau malam hari.

Dalam artikel ini, kami akan membahas pengaruh waktu (pagi atau malam) dalam melakukan test pack dan melihat mana yang lebih akurat.

Menggunakan Testpack Pagi Hari

Banyak orang berpendapat bahwa melakukan test pack di pagi hari lebih akurat.

Alasannya adalah karena pada pagi hari, urin yang dikumpulkan biasanya lebih pekat atau lebih tinggi konsentrasi hCG-nya.

Konsentrasi hCG yang lebih tinggi ini dapat lebih mudah dideteksi oleh test pack, sehingga memberikan hasil yang lebih akurat.

Selain itu, beberapa test pack memiliki petunjuk penggunaan yang menyarankan untuk menggunakan urin pertama di pagi hari.

Ini karena urin yang dikumpulkan saat pagi hari memiliki waktu yang lebih lama untuk mengumpulkan hCG selama malam, sehingga membuat konsentrasinya lebih tinggi.

Namun, perlu diingat bahwa hasil test pack yang positif di pagi hari tidak selalu berarti bahwa hasilnya akan negatif jika dilakukan di malam hari.

Sebaliknya, hasil positif tetap positif, terlepas dari waktu pengujian.

Menggunakan Testpack Malam Hari

Beberapa studi dan ahli mengatakan bahwa perbedaan dalam hasil test pack antara pagi dan malam hari mungkin tidak signifikan.

Hasil test pack masih dapat diandalkan jika dilakukan di malam hari, terutama jika sudah terlambat beberapa hari dari tanggal dugaan menstruasi.