Dijamin Nggak Minder Lagi, Ini Cara Menghilangkan Bekas Jahitan Operasi Secara Alami

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Sabtu, 26 Agustus 2023 | 16:30 WIB
cara menghilangkan bekas jahitan operasi dengan mudah (Freepik)

Nakita.id - Operasi sering kali diperlukan untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu, tetapi bekas jahitan setelah operasi dapat menjadi masalah estetika yang mengganggu.

Meskipun bekas jahitan tidak dapat sepenuhnya dihilangkan, ada beberapa cara alami yang dapat membantu memudarkan dan mengurangi penampilan bekas jahitan operasi.

Berikut adalah beberapa tips dan pengobatan rumah yang bisa Moms pertimbangkan:

1. Minyak Vitamin E

Minyak vitamin E dikenal karena kemampuannya dalam membantu regenerasi kulit dan memudarkan bekas jahitan. Oleskan minyak vitamin E secara teratur pada bekas jahitan dengan lembut, pijat dengan gerakan melingkar. Vitamin E juga tersedia dalam bentuk kapsul, di mana Anda dapat meneteskan isi kapsul langsung ke bekas jahitan.

2. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Gel lidah buaya memiliki sifat penyembuhan dan menghidrasi kulit yang baik. Oleskan gel lidah buaya segar pada bekas jahitan dan biarkan meresap selama beberapa waktu sebelum dibilas. Ulangi beberapa kali sehari.

3. Minyak Rosehip

Minyak rosehip mengandung vitamin A dan asam lemak esensial yang dapat membantu mengurangi penampilan bekas jahitan dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Oleskan minyak rosehip pada bekas jahitan dan pijat dengan lembut.

4. Madu

Madu memiliki sifat antiinflamasi dan penyembuhan yang dapat membantu meremajakan kulit. Campurkan madu dengan sedikit bubuk kayu manis dan oleskan campuran ini pada bekas jahitan. Biarkan selama beberapa waktu sebelum dibilas.

Baca Juga: Tak Hanya dengan Jahitan, Beberapa Metode Menutup Luka Bekas Operasi Caesar Ini Juga Sempat Digunakan Oleh Para Dokter