Apa Itu Conscious Consumption yang Diterapkan Andien? Ini Penjelasannya

By Nita Febriani, Sabtu, 26 Agustus 2023 | 15:43 WIB
Andien bersama AQUA gaungkan kampanye #PikirinDulu (dok.AQUA)

Nakita.id - Andien dikenal sebagai salah satu selebriti yang menerapkan gaya hidup 'mindful'.

Dalam akun instagramnya, ibu dua anak ini kerap menggaungkan tentang pentingnya kita menyadari setiap pilihan yang kita ambil dan mempertimbangkan bagaimana dampaknya pada sekitar.

Penyanyi yang juga merupakan Social & Environmental Advocates ini bahkan belakangan kerap menyebut soal Conscious Consumption, apa itu?

Dalam konferensi pers Danone AQUA pada Kamis (24/8/2023) Andien mengatakan, “Sebagai konsumen, sekarang kita membeli sebuah barang bukan hanya tindakan ekonomi semata.

Sebab kita memilih sebuah produk melalui berbagai pertimbangan atas berbagai implikasinya.

Mulai dari kesehatan, lingkungan, sosial, budaya, dan bahkan dari sisi psikologis.”

Andien menambahkan, “Dengan membeli produk sesuai kebutuhan, sebaiknya kita tidak hanya memikirkan bagaimana kita dapat menghemat pengeluaran dengan menggunakan satu produk dalam jangka waktu yang lebih lama.

Namun juga memikirkan mengenai bagaimana produk tersebut diproduksi termasuk pertimbangan terhadap praktik yang bertanggung jawab terhadap pekerja yang terlibat dan sumber daya alam yang digunakan.

Lalu, memikirkan juga bagaimana limbah dari sebuah produk yang sudah tidak digunakan akan dapat mempengaruhi lingkungan tempat tinggal kita.

Jadi, jika saya bisa menyimpulkan, pada dasarnya dalam membeli sesuatu, kita tidak hanya memikirkan benefit yang di dapat dari produk tersebut, tapi juga memikirkan benefit dari hal baik yang dapat kita perbuat dengan menjaga lingkungan dan masyarakat.

Oleh karena itu menurut saya meningkatkan awareness untuk selalu #PikirinDulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi sesuatu itu penting sekali, terutama di kalangan generasi muda”.

Baca Juga: Andien Aisyah Ungkap Rasanya Jadi Ibu Rumah Tangga, 'Itu Satu Profesi yang 24 Jam'