Ini Tanda Anak Siap Masuk Sekolah

By Gisela Niken, Senin, 18 April 2016 | 05:05 WIB
Ini Tanda Anak Siap Masuk Sekolah (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Orangtua mana yang tidak menginginkan pendidikan terbaik bagi anak. Berbagai kurikulum dan sistem pendidikan bisa Mama temui. Namun, Mama juga harus memerhatikan beberapa hal. Sebelum memasukkan anak ke sekolah, Mama perlu mencermati tanda anak siap masuk sekolah agar ia benar-benar merasakan manfaat dari bersekolah.Baca juga: Usia 2 tahun, anak boleh sekolah?

1.Kontrol dan kepercayaan diriAnak yang sudah siap masuk sekolah biasanya sangat ingin cepat bisa lancar membaca dan menulis. Biasanya mereka sudah mulai penasaran dengan anak-anak yang sudah memakai seragam sekolah. Mama juga bisa memasukkannya ke sekolah jika ia sudah terlalu banyak penasaran akan hal baru. Anak yang sudah siap masuk sekolah juga menunjukkan bahwa dirinya mampu berbagi dengan teman.

Selain itu, Mama juga harus memastikan si kecil dapat menyelesaikan masalahnya sendiri. Sekolah berarti tidak ada bantuan Mama di sekitarnya. Pastikan si kecil dapat memakai nalurinya untuk menyelesaikan masalah atau konflik. Anak yang sudah siap sekolah juga memahami aturan yang dibuat dan mudah untuk diatur. Ia juga harus mampu beradaptasi dan fleskibel jika terjadi perubahan rencana.Baca juga: Kapan anak boleh sekolah?

2.Kemampuan sosial dan emosionalTantangan terbesar saat masuk sekolah adalah si kecil harus mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Ia harus dengan mudah berinteraksi dengan guru dan teman sekelasnya. Dalam hal ini si kecil harus mampu berpisah dengan orang terdekat seperti Mama. Selain itu, anak juga harus mendapatkan pengetahuan bahwa saat di kelas guru adalah sosok yang harus didengarkan. Anak yang sudah siap sekolah juga tidak menggunakan fisik untuk menyelesaikan konflik dengan teman.

Anak yang siap masuk sekolah juga harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan orang-orang sekitarnya. Hal ini sangat penting untuknya menyelesaikan masalah dan menyampaikan apa yang ia rasakan. Penting juga bagi si kecil untuk mengingat nama serta mengenali orang-orang di sekitarnya. Jika ia mudah mengenali orang sekitarnya, itu berarti si kecil sudah siap sekolah.Baca juga: Tip menghadapi anak pertama kali masuk sekolah

3. Perkembangan fisikKemampuan fisik ini tentu disesuaikan dengan perkembangan usianya. Jika ingin masuk taman kanak-kanak, pastikan si kecil sudah mampu menggunakan alat tulis. Ia juga harus memiliki koordinasi tangan dan kaki yang baik sehingga bisa melakukan aktivitas fisik dengan bebas. Sebelum masuk TK, pastikan pula ia bisa menggunakan pakaian sendiri dan bisa ke toilet secara mandiri.

Tanda anak siap masuk sekolah sangat penting untuk diperhatikan agar Mama dan Papa dapat merasakan manfaat di sekolah. Jika masuk ke sekolah sebelum play group pastikan pula ia tetap mendapatkan asupan makanan yang seimbang dan tidak mengurangi waktu istirahatnya.

(Niken/Parent Map)