ASI Ekslusif 2 Tahun, Tetapi Bolehkah Menyusui Bayi Lebih 2 Tahun?

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Senin, 11 September 2023 | 13:30 WIB
adakah manfaat menyusui lebih dari 2 kali dan bagaimana pertimbangannya? (Freepik / yanalya)

Nakita.id - Menyusui adalah cara alami dan penuh manfaat untuk memberikan nutrisi serta koneksi emosional antara ibu dan bayi.

Namun, ketika bayi tumbuh dan memasuki masa balita, seringkali muncul pertanyaan tentang apakah menyusui bayi lebih dari 2 tahun masih sesuai atau tidak.

Manfaat Menyusui Bayi Lebih dari 2 Tahun

1. Nutrisi dan Perlindungan

Susu ibu terus memberikan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak bahkan setelah 2 tahun. Ini mengandung protein, vitamin, mineral, dan antibodi yang dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap infeksi.

2. Hubungan Emosional

Menyusui adalah cara alami untuk memperkuat ikatan emosional antara ibu dan anak. Ini memberikan rasa aman dan kenyamanan yang sangat diperlukan saat anak berkembang.

3. Kesehatan Anak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak yang disusui lebih lama memiliki risiko lebih rendah terhadap beberapa masalah kesehatan, seperti alergi, obesitas, dan penyakit autoimun.

4. Kesejahteraan Emosional Anak

Menyusui juga dapat memberikan kenyamanan emosional kepada anak saat mereka mengalami stres atau sakit. Ini membantu anak merasa tenang dan terlindungi.

Baca Juga: Benarkah Menyusui Bayi dapat Melindungi Bayi dari Paparan Polusi Udara? Ini Penjelasannya