Yang Harus Mama Lakukan Jika Si Kecil Terkena Cacar Air

By Gisela Niken, Kamis, 14 April 2016 | 04:55 WIB
Yang Harus Mama Lakukan Jika Si Kecil Terkena Cacar Air (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Cacar menjadi salah satu penyakit menular yang sangat rentan terkena pada anak-anak. Sebelum mengetahui cara mengatasi cacar air pada anak, Mama juga perlu mengetahui gejala cacar. Hal tersebut untuk memastikan apakah penyakit yang diderita oleh si kecil cacar atau bukan.Baca juga: Ini 5 penyakit dengan gejala demam yang sering dialami anak

Cacar air sering dimulai dengan demam, sakit kepala, sakit tenggorokan serta sakit perut. Gejala yang paling terlihat ialah ruam pada kulit yang menimbulkan gatal. Biasanya muncul pertama kali pada punggung, perut dan wajah. Setelah itu, biasanya menyebar ke seluruh tubuh hingga ke kulit kepala. Ruam mulai dari benjolan kecil yang terlihat seperti jerawat. Selama dua hingga empat hari, benjolan mulai melebar dan meninggalkan luka seperti melepuh.

Ruam pada anak yang terkena cacar air mungkin saja lebih parah mengingat sistem kekebalan tubuh anak yang belum berkembang dengan sempurna. Biasanya cacar air juga diikuti dengan gejala nyeri otot dan sendi. Jika menghadapi kondisi ini, Mama harus membersihkan luka-luka cacar dengan obat antiseptik dari dokter. Namun, Mama bisa menggantinya dengan mencampurkan air hangat dengan oatmeal.Baca juga: Kena cacar saat hamil, bahaya enggak sih?

Setelah mandi dengan air hangat, Mama bisa menggunakan lotion anti-gatal yang mengandung calamine dan bisa didapatkan di toko obat dan apotek. Gunakan lotion tersebut di seluruh tubuh kecuali di area wajah dan alat kelamin. Jika mengalami gatal yang parah, Mama bisa memberikanlotion dengan bahan diphenhydramine. Untuk mencegah infeksi, Mama harus menjaganya agar tidak menggaruk ruam. Selain itu, jangan sampai ruam tergores karena dapat menimbulkan iritasi lanjutan.

Mama harus membawanya ke dokter jika ia mengalami batuk yang menyebabkan kesulitan bernapas. Selain itu, ruam yang melepuh juga sangat menyakitkan hingga mengeluarkan nanah. Cacar air yang parah juga menyebabkan si kecil sulit untuk buang air kecil. Mama juga perlu waspada jika ia terlihat lemah atau bahkan mengalami dehidrasi.Baca juga: Imunisasi yang dianjurkan

Tidak hanya mengatasi cacar air pada anak, Mama juga bisa melakukan pencegahan lo. Pemberian vaksin pada usia 1 tahun akan membantunya terhindar dari penyakit ini. Mama juga perlu waspada jika sekitar anak banyak yang sedang menderita cacar air. Penyakit ini sangat mudah menular melalui udara lo, Mam.(Niken/Kids Health)