Trik Mudah Agar Balita Tidak Tidur Larut Malam

By Gisela Niken, Selasa, 12 April 2016 | 23:50 WIB
Trik Mudah Agar Balita Tidak Tidur Larut Malam (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Meski sudah bukan bayi lagi, anak usia balita atau pra-sekolah harus tetap memiliki tidur yang cukup. Setiap hari balita harus memiliki waktu tidur selama 11 hingga 12 jam. Meski punya banyak kegiatan, bukan berarti Mama tidak memedulikan waktu tidurnya. Berikut cara-cara yang bisa Mama lakukan untuk mengatur waktu tidur balita.Baca juga: 4 cara agar anak tidur tepat waktu

Anak yang sangat aktif menjadi ciri dari anak usia balita. Untuk itu, Mama tidak bisa langsung memaksanya untuk tidur. Setengah jam sebelum waktu tidur, usahakan Mama mulai mengajaknya tenang. Ingatkan sejak 30 menit sebelumnya bahwa sebentar lagi adalah waktu tidur. Hindari memberinya makanan mendekati waktu tidur. Perut kenyang biasanya membuat ia tidak nyaman untuk tidur dan cenderung masih ingin bermain.

Mama harus membuat kamar si kecil senyaman mungkin. Sebisa mungkin jauhkan mainan yang membuatnya berlarian atau melakukan aktivitas fisik. Mama juga harus memerhatikan kondisi kamar. Usahakan kamar hanya digunakan untuk tidur. Jangan biarkan kamar juga menjadi tempat bermain ataupun menonton televisi. Hal itu akan membuatnya merasa nyaman bermain meski berada di kamar.Baca juga: Mengatur waktu tidur bayi agar Mama tak usah bergadang

Menjelang waktu tidur, ajak si kecil untuk menyiapkan perlengkapan tidurnya. Minta padanya untuk memilih piyama dan selimut yang akan ia gunakan. Keterlibatan anak akan membuatnya tidur tanpa terpaksa. Jika sudah siap, bawa si kecil untuk tidur di tempat tidurnya. Suasana kamar yang redup dan sejuk akan membuatnya ngantuk dan cepat tertidur.

Masalah lain yang mungkin muncul ialah balita yang tidak berani tidur sendiri. Hal ini membuat balita malas untuk tidur. Ketakutan atau mimpi buruk terkadang menghantui mereka. Untuk mengatasinya, Mama bisa memberikan mainan kesukaannya yang seakan-akan menjadi teman penjaganya. Mama tidak perlu langsung tidur di sampingnya supaya ia tertidur. Hal tersebut tidak akan membantu Mama dalam mengatur waktu tidur balita.Baca juga: Anak lebih baik tidur dalam keadaan gelap, ini alasannya!

Mengajarkan anak untuk berani tidur sendiri dapat membuat balita tidak tidur terlalu larut. Ia akan terbiasa untuk langsung tidur pada jam tidur tanpa bantuan orang lain. Jadwal teratur ini baik untuk kesehatannya dan juga tumbuh kembangnya. Waktu tidur yang teratur dan cukup juga akan menjauhkannya dari insomnia atau gangguan tidur lainnya di kemudian hari. (Niken/Kids Health)