Haruskah Bisa Calistung Sebelum Masuk SD?

By Gisela Niken, Minggu, 10 April 2016 | 23:35 WIB
Haruskah Bisa Calistung Sebelum Masuk SD? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Masuk sekolah dasar bisa jadi kekhawatiran terbesar bagi Mama dan Papa. Anak akan menemukan teman-teman baru, sekolah baru dan cara pengajaran yang baru. Mama dan Papa pasti berpikir apakah anak betah di sekolah? Apakah ia mampu mendapatkan teman? Salah satu kekhawatiran yang muncul ialah apakah ia mampu mengikuti pelajaran dengan baik atau tidak. Hal inilah yang mungkin memunculkan pertanyaan haruskah bisa membaca, menulis dan menghitung sebelum masuk sekolah dasar?Baca juga: Kapan waktu tepat ajarkan anak membaca?

Mama mungkin merasakan banyak TK yang sudah mengajarkan calistung (baca, tulis dan hitung). Sebenarnya tidak ada salahnya jika anak diajarkan hal tersebut. Namun, Mama tidak perlu memaksa anak memahami hal tersebut. Anak di usia 4 hingga 5 tahun sedang masuk ke dalam fase dimana ia menyiapkan diri untuk daya pikir serta motorik halusnya. Sementara untuk usia 3 tahun, anak sedang menyiapkan diri untuk keterampilan fisiknya.

Sebuah penelitian di Finlandia menunjukkan bahwa keterampilan calistung biasanya akan sempurna pada usia 6 tahun artinya ketika anak sudah duduk di sekolah dasar. Dalam penelitian ini menunjukkan tidak ada pengaruhnya ketika seseorang belum punya kemampuan calistung dengan prestasi di sekolah. Keterampilan emosi yang baik turut memengaruhi prestasi di sekolah. Pada tingkat TK, anak akan belajar mengenai keterampilan emosi yang baik.Baca juga: Daftar kegiatan seru untuk asah kemampuan menulis

Lalu bagaimana menyikapi hal tersebut? Mama bisa mengontrol bagaimana sekolah si kecil mengajarkan membaca bahkan menulis. Anak tidak boleh terlalu dipaksa untuk memahami hal ini karena memang bukan pada waktunya. Jika si kecil terlihat senang calistung, Mama bisa melakukan pendekatan-pendekatan yang menyenangkan seperti melakukannya dengan permainan atau media-media lain. Selain itu, mengajarkan calistung harus dimulai dengan pengenalan saja. Tak perlu memaksanya langsung bisa lancar dan cerdas.

Paksaan akan membuat anak menjadi malas dalam belajar. Padahal, Mama harus menanamkan padanya belajar adalah hal menyenangkan dan harus ia lakukan hingga ia dewasa nanti. Motivasi belajar anak akan terganggu jika dilakukan dengan paksaan. Jadi, haruskah anak bisa calistung sebelum masuk SD? Semua itu tergantung pada tahap perkembangan setiap anak. Cara belajar menyenangkan di rumah juga memengaruhi tahap tumbuh dan kembangnya. (Niken/ParentMap)