Ini Cara Agar Anak Tidak Ngemil Makanan Manis

By Gisela Niken, Selasa, 5 April 2016 | 07:25 WIB
Ini Cara Agar Anak Tidak Ngemil Makanan Manis (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Anak yang sangat aktif dan bahkan sudah memulai aktivitasnya di sekolah membutuhkan asupan gizi yang cukup. Camilan menjadi salah satu cara yang bisa Mama menjamin nutrisi dan energi yang cukup untuknya. Namun, camilan yang dibutuhkan tentu camilan sehat. Berikut hal-hal yang harus Mama perhatikan agar anak tidak ngemil makanan tidak sehat.

1.Berikan pilihanCamilan sehat yang Mama buat mungkin kalah menarik dengan camilan kemasan yang rasanya lebih kuat. Namun, Mama bisa menyimpan camilan di kulkas atau di dapur. Mama bisa memberikan beberapa pilihan agar ia bisa memilih mana yang ia senangi. Mama juga bisa menawarkannya makanan baru. Tapi, jangan memaksakan anak menyukai makanan baru. Anak biasanya senang dengan satu jenis camilan untuk beberapa waktu tertentu.Baca juga: Tahap pemberian camilan anak 

2.Atur jadwal makan dan camilanCamilan hanya waktu selingan dan tidak boleh menggangu waktu makannya. Untuk itu, Mama harus mengatur jadwal yang baik antara waktu makan dan waktu camilan. Jadwal makan yang berantakan akan membuat anak tidak mau makan atau bahkan ia terlalu banyak makan. Hal ini justru membuat pola makan tidak seimbang.

3.Membuat menu camilan seimbangAnak memang masih boleh mengonsumsi makanan gula. Namun, Mama harus menjaga agar anak tidak terlalu banyak makan camilan yang mengandung banyak gula. Untuk menyiasatinya, Mama bisa menyiapkan susu  dan jus buah. Jenis minuman ini akan menjawab keinginan anak mengonsumsi makanan dan minuman manis.Baca juga: Camilan sehat anak selama berpegian

4.Melibatkan anakSaat menyiapkan camilan, cobalah mengajak anak. Hal ini akan membuatnya bersemangat ketika mengonsumsi camilan sehat. Keterlibatan anak akan memberikan stimulus padanya untuk ikut menyukai apa yang ia buat sendiri. Mama juga perlu melihat mood dan kondisi anak ketika memberikan camilan padanya. Terkadang anak tidak menginginkan banyak makan. Mama juga tak perlu memaksanya.

Mama harus melakukan aneka cara agar anak tidak ngemil makanan yang tidak sehat. Mama juga bisa menyiasatinya dengan makan camilan bersama. Hal ini akan membuatnya nyaman dan senang. Kebiasaan sedari kecil ini akan baik untuk kebiasaan makan sehat di kemudian hari.(Niken/Kids Health)