Trik Jitu Menghentikan Kebiasaan Buruk Batita

By Gisela Niken, Sabtu, 2 April 2016 | 21:00 WIB
Trik Jitu Menghentikan Kebiasaan Buruk Batita (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Anak di usia batita mulai punya kebiasaan buruk seperti cengeng, mudah marah dan tidak mau nurut. Duh, kebiasaan ini pasti bikin Mama pusing tujuh keliling. Mama perlu trik-trik khusus untuk menghentikan kebiasaan buruk batita. Tidak hanya dapat mengakhiri kebiasaan buruk, trik ini juga tetap menyelamatkan hubungan baik Mama dan si kecil.

1.Memilih kebiasaan buruk

Pertama-tama, Mama harus memilih kebiasaan buruk mana yang ingin dikurangi. Mama tak bisa secara keseluruhan membuat anak punya sikap yang baik. Untuk itu, Mama harus memilih kebiasaan yang paling sering dilakukan. Fokus pada satu kebiasaan akan membantu anak lebih fokus dan lebih mudah memahami mengapa hal tersebut tidak boleh ia lakukan. Untuk kebiasaan yang sudah parah, tak ada salahnya Mama menerapkan hukuman. Tapi ingatlah hukuman harus bersifat fleksibel dan tidak mengurangi waktu kebersamaan Mama dan anak.

2. Melakukan pencegahan

Salah satu kebiasaan buruk si kecil ialah menggigit. Mama perlu mengetahui rata-rata penyebab anak senang menggigit. Misalnya ia selalu menggigit teman yang senang meminjam mainannya. Mama tinggal tidak membawakan mainannya saat bersama teman. Melakukan pencegahan akan membantunya terbiasa untuk hal-hal yang seharusnya tidak ia lakukan.

3.Tenangkan diri

Sebelum Mama mulai mencoba menghentikan kebiasaan buruk batita, Mama sebaiknya berpikiran tenang. Marah dan menggunakan kata kasar tidak akan berpengaruh padanya. Justru hal ini akan berdampak pada hubungan Mama dan anak. Berbicara dengan tenang dan lebih memberikan penjelasan pada anak akan jauh lebih menyenangkan. Jauh lebih baik ketika Mama juga menjadi contoh untuknya.

4.Mencoba mendengarkan anak

Komunikasi disebut berjalan jika dilakukan dengan dua arah. Mama tidak boleh hanya memberikan larangan pada anak tanpa mau mendengarkannya. Biarkan ia bercerita apa yang sebenarnya ia rasakan dan mengapa ia berpikrian mau melakukan hal tersebut. Hal ini akan membantu Mama untuk mengetahui langkah yang tepat untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Selain itu, anak akan merasa jauh lebih dihargai dan lebih mudah menuruti apa yang Mama katakan.

5. Berikan pilihan

Salah satu cara jitu untuk menghentikan kebiasaan buruk batita ialah membiarkan ia memilih. Berikan pilihan yang membuatnya harus berpikir ulang untuk melakukannya. Misalnya ketika ia terlalu asyik bermain, Mama bisa menawarkan waktu tambahan untuk bermain. Jangan lupa berikan iming-iming seperti memberikan makanan kesukaannya ketika ia memutusukan berhenti bermain secepat mungkin. (Niken/Parents)