Anak Suka Berteriak-teriak? Atasi dengan Cara Ini

By Gisela Niken, Jumat, 1 April 2016 | 01:35 WIB
Anak Suka Berteriak-teriak? Atasi dengan Cara Ini (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Berteriak menjadi salah satu kebiasaan buruk balita. Berteriak menjadi agak menganggu ketika ia senang berkomunikasi dengan cara ini. Padahal, sangat penting baginya untuk mengenal sopan santun dalam berbicara dengan orang lain. Tak perlu khawatir, Mam. Berikut cara-cara yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi anak yang suka berteriak.

1.Jangan dibalas dengan amarahPastinya Mama tidak langsung memarahi anak ketika ia gagal naik sepeda atau belum mampu menulis dengan baik. Begitu pula dalam menghadapi kebiasaan buruk anak termasuk anak yang senang berteriak. Untuk mengatasinya, Mama hanya perlu menenangkan diri. Saat ia berteriak-teriak bawalah ke tempat tenang. Penjelasan akan membantunya memahami mengapa ia tidak boleh berteriak-teriak. Sebaiknya, Mama tak perlu membalasnya dengan teriakan karena Mama jadi mencontohkan hal yang salah.Baca juga: Ini penyebab anak suka teriak-teriak 2. Bantu anak mengungkapkan apa yang diinginkanBerteriak menjadi salah satu cara yang diambil anak untuk mengungkapkan emosinya. Kadang mereka hanya bingung bagaimana menyampaikan apa yang mereka rasakan.  Misalnya ketika ia berteriak-teriak karena meminta sesuatu. Katakan padanya bahwa berteriak membuat Mama tidak memahami apa yang ia inginkan. Ajarkan padanya mencari alasan tepat mengapa ia membutuhkan hal itu. Mama juga perlu memberikan alasan yang tepat jika menolak anak.Baca juga: Kok, batita senang berteriak? 

3. Buat kesepakatan bersamaTidak ada aturan yang jelas biasanya membuat anak merasa bebas untuk melakukan apa saja. Semakin Mama marah dan mengancamnya, anak seusia ini tidak memahami arti amarah Mama. Ia akan semakin marah dan berakhir dengan berteriak-teriak. Untuk itu, Mama perlu membuat aturan yang disepakati bersama seperti jam tidur dan durasi menonton televisi. Ajak si kecil untuk berkontribusi dalam membuat aturan tersebut.

4.Eratkan hubungan dengan anakDisiplin pada anak akan semakin mudah ketika Mama membangun kedekatan dengan si kecil.  Tidak hanya membuat anak semakin dicintai, kedekatan Mama dan anak akan membuat anak lebih menghormati Mama. Anak yang dekat dengan Mama akan lebih mudah memahami keinginan Mama dan tahu mana yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Meluangkan waktu untuk berbincang dengan si kecil jadi salah satu cara mengeratkan hubungan dengan anak.Baca juga: Anak senang berteriak dan menjerit 

Anak berteriak-teriak memang menjadi sesuatu yang menjengkelkan. Namun, ingatlah kemampuan anak yang belum mampu mengatur emosi mereka. Mama dan Papa menjadi juru kunci dalam mengatasi anak yang suka berteriak-teriak. Usahakan Mama dan Papa menenangkan diri dulu sebelum berbicara padanya. (Niken/Parents)