Ini 5 Trik Agar Anak Mau Minum Obat

By Gisela Niken, Rabu, 30 Maret 2016 | 23:10 WIB
Ini 5 Trik Agar Anak Mau Minum Obat (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Saat sakit, ada hal yang tak kalah bikin bingung Mama yakni minum obat. Duh, pasti sulit ya Mam meminta si kecil minum obat secara teratur. Berikut terdapat cara agar anak anak mau minum obat. Caranya pun mudah dan pastinya menyenangkan serta tidak membuat Mama dan anak stres.Baca juga: Bagaimana jika minum obat ketika hamil? 

1.Pasang muka bahagiaMenurut Alissa Robinson, seorang psikolog anak dari Colorado Springs cara paling ampuh supaya anak mau minum obat ialah memberikan aura positif kepadanya. “Pasanglah muka bahagia dan jauhkan pikiran khawatir Mama akan obat yang akan diberikan. Anak akan dengan mudah menangkap bahasa tubuh,” ujarnya. Cobalah untuk melakukan permainan-permainan kecil seperti ci-luk-ba atau cara-cara yang membuatnya senang. Hal ini akan mengurangi kekhawatiran pada dirinya.

2.Biarkan anak bersantaiMama tak perlu terlalu tegang dengan waktu untuk minum obat. Saat harus minum obat setelah makan, berikan ia waktu sejenak untuk bersantai. Jika tak ada pantangan makanan tertentu, Mama bisa memberinya makanan yang ia suka untuk memancingnya tidak memikirkan minum obat. Biarkan ia tenang dan rileks hingga akhirnya siap untuk minum obat.Baca juga: Hindari minum obat dengan susu. Ini alasan medisnya. 

3.Bermain peranAnak usia pra-sekolah senang dengan bermain peran. Kini, Mama bisa bermain peran dengan menggunakan mainan yang ia punya. Gunakan boneka ataupun mainan lain. Anggaplah Mama atau boneka sebagai dokter dan ia adalah pasien. Tak masalah menggunakan waktu lama untuk memintanya minum obat. Hal ini akan membuat ia menjadi lebih rileks.

4.Jangan berbohongJangan katakan pada anak bahwa obat memiliki rasa yang enak kecuali obat-obatan dengan rasa tertentu. Jelaskan padanya bahwa obat yang akan ia minum punya rasa yang tidak biasa ia rasakan. Tetapi, jelaskan padanya bahwa obat akan membuatnya menjadi lebih sehat dan bisa membuatnya beraktivitas kembali. Buatlah pemikiran bahwa kondisi sakitnya hanya bisa disembuhkan dengan obat.Baca juga: Ini obat yang tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong 

5.Gunakan obat alamiTak selamanya penyakit anak harus diobati dengan obat. Beberapa penyakit seperti demam, flu dan diare dapat diobati dengan cara alami seperti mengompres badan hingga minum yang cukup. American Academy of Pediatrics mengungkapkan obat-obatan yang tidak dengan resep dokter sebenarnya tak cukup untuk membuat anak sehat. Justru, anak akan mendapatkan dampak buruknya. Menggunakan bahan-bahan alami dapat menjadi cara agar anak mau minum obat.

(Niken/Parents)