Lakukan Langkah Ini Agar Anak Mau Tidur Sendiri

By Gisela Niken, Senin, 28 Maret 2016 | 05:50 WIB
Lakukan Langkah Ini Agar Anak Mau Tidur Sendiri (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Membiasakan anak tidur sendiri mungkin menjadi sesuatu kebiasaan yang aneh dan juga sulit tak hanya bagi anak tapi orang tua. Mama mungkin terbiasa tidur bersamanya sehingga selalu memastikan bahwa ia dalam keadaan aman. Namun, ketika ia masuk ke dalam usia prasekolah anak harus dibiasakan tidur sendiri.

1.Membuat waktu tidur yang menyenangkanHal ini bisa dilakukan ketika si kecil masih tidur bersama Mama dan Papa. Ciptakanlah kebiasaan seperti menggosok gigi sebelum tidur atau membaca cerita sebelum tidur. Hal ini akan memberikan stimulus padanya untuk tidur dengan tenang setelah melakukan kebiasaan tersebut. Saat ia tidur sendiri, ia dengan mudah beradaptasi dan tidur dengan mudah.Baca juga: Kok ayah tidak boleh tidur seranjang dengan bayi? 

2.Berikan penjelasan mengenai aturan baruTidur di tempat tidur sendiri merupakan kebiasaan dan aturan baru. Mama perlu menjelaskan kebiasaan ini padanya. Sebelum benar-benar mencoba tidur sepanjang malam, Mama bisa membiarkannya tidur di siang hari. Biarkan ia melakukan aneka kegiatan di kamarnya agar ia merasa nyaman dengan kamar baru. Beri penjelasan padanya bahwa ia sudah dewasa dan harus belajar mandiri.

3.Hindari kehadiran Mama dan Papa sebelum tidurSaatnya untuk membuat anak tidur sendiri. Sebelum tidur, usahakan anak tinggal di kamar tanpa kehadiran Mama dan Papa. Cobalah mengurangi intesitas bertemu dengan Mama dan Papa sebelum tidur. Saat anak merengek untuk tidur bersama Mama dan Papa, usahakan untuk memeluknya saja dan memberikan rasa sayang. Mama dan Papa jangan sampai membiarkannya kembali ke tempat tidur. Konsistensi sangat diperlukan dalam hal ini.Baca juga: Ternyata ini pola tidur batita 

4.Mengecek tidak terlalu seringMeski ia sudah bisa tertidur tanpa Mama, usahakan untuk mengecek keadaannya setelah ia terlelap. Mama harus memastikan ia tidur dengan posisi benar dan tidak merasa kedinginan atau kepanasan. Cobalah berikan waktu 10 hingga 15 menit setelah masuk ke dalam kamar. Hal ini juga akan membantu Mama mengetahui apakah ia sudah bisa tidur dengan nyenyak atau belum. Mengecek terlalu sering atau bahkan tidak mengecek sama sekali justru akan mengganggu tidurnya.Baca juga: Haruskah anak tidur siang? 

5. Berikan pujian atau hadiahMasuk ke dalam level bisa tidur sendiri merupakan pencapaian baru bagi si kecil. Tak masalah untuk memberinya hadiah kecil seperti barang atau kegiatan menyenangkan di akhir pekan. Pengalaman menyenangkan ini akan semakin memicunya untuk tetap bertahan membiasakan tidur sendiri. Mama juga perlu menanyakan padanya apa yang jadi kesulitan ketika mencoba untuk tidur sendiri.

(Niken/Parents/Live Strong)