Berperan Sama Rawat Bayi Saat Sakit, Ini yang Bisa Dilakukan Dads untuk Membantu dan Dampingi Moms

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Kamis, 2 November 2023 | 13:30 WIB
Berperan sama saat bayi sakit, ini yang bisa Dads lakukan (Freepik)

Nakita.id - Ketika bayi sakit, peran orang tua menjadi krusial dalam memberikan perawatan dan dukungan yang diperlukan. Banyak panduan dan informasi yang menyoroti peran ibu dalam merawat bayi yang sakit, namun peran ayah juga sama pentingnya.

Mengutip dari Parents, kali ini akan membahas apa yang harus dilakukan Dads saat bayi sakit dan bagaimana mereka dapat memberikan dukungan yang efektif.

1. Berperan Sama dengan Moms

Saat bayi sakit, penting untuk bersatu dan berkolaborasi dalam merawatnya. Dads dapat mendukung Moms dengan mengambil bagian dalam merawat bayi, seperti mengganti popok, memberikan obat, atau merawat bayi selama Moms beristirahat.

2. Tenang dan Sabar

Ketika bayi sakit, mereka mungkin menjadi rewel dan mudah marah. Dads perlu tetap tenang dan sabar. Ini akan membantu menciptakan lingkungan yang nyaman untuk bayi.

3. Antar Moms dan Bayi Periksa

Jika perlu, Dads dapat mendampingi Moms dalam kunjungan ke dokter. Ini memberikan dukungan tambahan dan memungkinkan kedua orang tua untuk mendapatkan informasi medis yang diperlukan.

4. Menjaga Kebersihan

Memastikan lingkungan bayi bersih adalah prioritas. Dads dapat membantu dengan membersihkan dan mendisinfeksi peralatan bayi, mainan, dan area tempat bayi bermain.

5. Memastikan Nutrisi yang Cukup

Baca Juga: Berperan Sama Saat Rewel, Ini Manfaat Kehadiran Dads Selama Si Kecil Rewel