Mitos atau Fakta, Ibu Menyusui Dilarang untuk Tidur di Pagi Hari?

By Shannon Leonette, Jumat, 3 November 2023 | 16:24 WIB
Mitos atau fakta, benarkah ibu menyusui dilarang tidur pagi hari? Moms bisa cari tahu fakta sebenarnya di sini. Pastikan jangan sampai terlewat, ya. (Freepik / stockking)

Nakita.id - Mitos atau fakta, ibu menyusui dilarang tidur pagi?

Mungkin Moms pernah mendengar mitos tersebut terkait ibu menyusui dilarang tidur pagi. Terlebih, selama 40 hari setelah melahirkan.

Banyak orang percaya bahwa ibu menyusui yang tidur pagi justru membuat sel-sel darah putih naik ke kepala, sehingga dapat menyebabkan kebutaan.

Namun, Moms harus tahu bahwa mitos tersebut hanyalah mitos belaka.

Bahkan, anggapan tersebut sudah dibantah oleh banyak ahli medis.

Selama 40 hari setelah melahirkan, ahli medis justru menganjurkan para ibu untuk banyak beristirahat.

Maka dari itu, apabila Moms merasa ngantuk di pagi hari, jangan sungkan-sungkan untuk mendapatkan kesempatan tidur yang baik.

Hal ini sangat bermanfaat untuk mengembalikan energi ketika masa menyusui nanti.

Selain itu, ibu menyusui dengan kualitas tidur yang baik juga dapat meningkatkan produksi hormon kortisol sehingga produksi ASI bisa berlangsung lancar.

Moms harus tahu, tubuh ibu menyusui yang kurang beristirahat dapat menghambat produksi hormon kortisol dan membuat produksi ASI terhambat.

Sementara itu, berkaitan dengan sel darah putih yang naik, ini disebabkan oleh adanya respon pertahanan tubuh terhadap infeksi mikroorganisme patogen di dalam tubuh meningkat, Moms.

Baca Juga: Mitos Ibu Menyusui Ini Banyak Dipercaya, Benarkah Makan Pedas Dapat Membuat Perut Bayi Panas?