BERITA POPULER: 9 Adab Menggunakan Media Sosial hingga 4 Pengaruh Stunting pada Remaja yang Wajib Orangtua Waspadai

By Diah Puspita Ningrum, Jumat, 10 November 2023 | 16:00 WIB
BERITA POPULER adab menggunakan media sosial (Freepik)

Nakita.id - Berikut ini sejumlah berita terpopuler yang dirangkum oleh Nakita pada hari Jumat (10/11/2023).

1. Daftar Lengkap Penerima Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023

Dalam acara puncak Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023 yang diadakan di Jakarta, Rabu (8/11/2023), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan penghargaan kepada 42 Bunda PAUD tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan program kerja dan aksi nyata yang dilakukan oleh Bunda PAUD di seluruh Indonesia dalam mendukung tiga target perubahan ‘Gerakan Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan’.

Hal ini bahkan juga disampaikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, yang mengapresiasi berbagai upaya dan dukungan yang telah dilakukan Bunda PAUD.

“Apresiasi Bunda PAUD ini adalah sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kami kepada Bunda PAUD Provinsi dan Kabupaten/Kota yang telah menjalankan peran dan tugasnya secara optimal dalam mendukung ‘Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan’ menuju PAUD berkualitas,” tutur Nadiem.

Penghargaan terdiri atas kategori Wiyata Dharma Utama, Wiyata Dharma Madya, serta Wiyata Dharma Pratama. Penghargaan ini diberikan untuk 9 terbaik Bunda PAUD Provinsi, 24 Terbaik Bunda PAUD Kabupaten/Kota Non-Tertinggal, dan 9 terbaik Bunda PAUD Kabupaten/Daerah Tertinggal.

Serangkaian seleksi yang dilakukan terhadap 270 pendaftar Apresiasi Bunda PAUD meliputi seleksi persyaratan administrasi, seleksi konten aksi nyata tahap 1, verifikasi lapangan, dan seleksi konten tahap 2 untuk melihat kelayakan substansi dan kelayakan etik.

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Pendidikan Anak Usia Dini, Komalasari, menjelaskan bahwa pada penilaian konten tahap 1, panitia membagi dua kriteria, yakni kriteria utama dan kriteria pendukung.

Kriteria utama mencakup inovasi dalam melakukan advokasi, keterjangkauan advokasi, dan kualitas relevansi program kerja dengan tiga target perubahan ‘Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan’. Sedangkan kriteria pendukung adalah kolaborasi dengan organisasi mitra PAUD dan SD serta organisasi lainnya yang mendukung gerakan, serta mendorong peran serta masyarakat dalam pembinaan, penyelenggaraan, dan pengembangan gerakan.

Baca selengkapnya di sini

Baca Juga: BERITA POPULER: 7 Cara Memutihkan Lantai Keramik secara Alami hingga Manfaat Ampas Teh untuk Merawat Tanaman