Bisa Buat Bahan Belajar, Ini Kunci Jawaban Latihan Teks Eksplanasi Halaman 42, Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Kirana Riyantika, Senin, 13 November 2023 | 15:30 WIB
Teks eksplanasi Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA kelas XI kurikulum merdeka (Freepik/jcomp)

Nakita.id - Pada bab 2 mata pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA kelas XI kurikulum merdeka, dipelajari mengenai teks eksplanasi.

Peserta didik diminta memahami apa itu teks eksplanasi.

Teks eksplanasi merupakan teks yang menunjukkan proses terjadinya sesuatu atau fenomena.

Dalam proses terjadinya sesuatu itu, yang menjadi ciri khas atau karakteristiknya adalah adanya hubungan dalam fenomena itu.

Misalnya, dalam teks berjudul “Hujan Meteor Perseid 12 dan 13 Agustus di Langit Indonesia, Ini Waktu dan Cara Menyaksikannya”, menunjukkan adanya proses terjadinya hujan meteor.

Teks tersebut menunjukkan proses terjadinya atau fenomena alam.

Dalam contoh teks berjudul “Proses Terjadinya Gerhana Matahari”, yang dapat digolongkan sebagai fenomena alam, disebutkan bahwa gerhana matahari total disebabkan posisi berada dalam satu garis lurus.

Akibatnya, cahaya matahari yang seharusnya tembus ke bumi terhalangi oleh bulan yang menimbulkan bayangan umbra dan penumbra.

Bayangan bulan yang mengerucut untuk sampai ke bumi itu, menimbulkan bagian bumi yang terkena bayangan itu mendadak gelap seketika seperti malam hari.

Penciri teks eksplanasi adalah sebagai berikut:

1. Menunjukkan proses terjadinya sesuatu atau terbentuknya fenomena alam atau sosial.

 Baca Juga: Untuk Pedoman Belajar, Kunci Jawaban Kegiatan 1 dan 2 Halaman 37 dan 38, Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka